Kamis, 07 September 2023 12:28 WIB

Prabowo Undang Yenny Wahid, Pengamat: Kepanikan Pasca-PKB Hengkang

Editor : Yusuf Ibrahim
Yenni (kiri) bersama ibunda dan Prabowo. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid datang ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta, Rabu (6/9) sore. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam. Menjelang akhir pertemuan, ibunda Yenny, Sinta Nuriyah Wahid menyusul ke Kertanegara.
 
Pertemuan ini dianalisa oleh Pengamat politik M. Riza Widiyarsa sebagai bentuk respons dari perginya PKB dari Koalisi Indonesia Maju yang sempat mendukung prabowo. “Gerindra panik ketika PKB hengkang karena potensi mendulang suara Nahdlyin di Jateng dan Jatim menjadi sulit. Menurut berbagai survey, dalam pilpres 2024 akan ada lebih dari 38 juta warga NU yg punya hak pilih,” ujar Riza dalam keterangan tertulis
 
Riza juga mengatakan, pertemuan ini seperti cara bagi Gerindra untuk bisa tetap mendapatkan dukungan dari NU pada pemilu 2024 nanti, ditambah lagi Yenny Wahid mengatakan jika banyak Kyai NU yang mendukung Prabowo. “Jadi memang menjadi agak terlihat bahwa ini seperti upaya Prabowo untuk menggaet suara NU pasca ditinggal PKB”
 
Lebih lanjut lagi menurut Riza, putri dari Presiden ke 4 Abdurrahman Wahid ini terlihat belum menentukan sikapnya karena Ganjar Pranowo sebagai calon presiden juga sempat menemui ia dan ibu Sinta Nuriyah Wahid. “Hanya saja, sikap Yenny masih belum terlihat, apakah akan ke pihak mana. Karena selain Prabowo,  Ganjar sendiri sudah menyambangi kediaman Gus Dur dan bertemu dengan Ibu Sinta Nuriyah,” ujarnya
 
Riza menilai, terdapat perbedaan dalam pertemuan antara putri Gus Dur ini dengan Prabowo maupun Ganjar “Perlu digaris bawahi adalah respon Yenny yang bisa dibaca tidak sama ketika bertemu oleh Ganjar dan Prabowo. Kepada Ganjar, Yenny  siap untuk diajak muter Jateng dan Jatim. Sedangkan ketika bertemu PS, sepertinya pembahasannya nornatif saja.” tegasnya.(mir)

0 Komentar