Jumat, 03 Maret 2023 20:58 WIB

PPATK Sebut Dugaan Pencucian Uang Rafael Alun Libatkan Profesional

Editor : Yusuf Ibrahim
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menduga dugaan pencucian uang mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo melibatkan pihak profesional.

PPATK pun telah memblokir rekening konsultan pajak yang diduga sebagai pihak profesional tersebut. "Kami mengarah ke dugaan (perantara profesional) tersebut. Tapi analisis berkembang terus," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Jumat (3/3/2023).

Menurutnya, PPATK telah menindaklanjuti dugaan pencucian uang Rafael Alun Trisambodo dengan memblokir rekening sejumlah pihak. Salah satunya adalah konsultan pajak yang diduga sebagai pihak profesional. "Iya ada pemblokiran terhadap konsultan pajak yang diduga sebagai nominee (perantara) RAT serta beberapa pihak terkait lainnya. Kita mensinyalir ada PML (professional money launderer) yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT," katanya.

Untuk diketahui, PPATK menemukan adanya transaksi janggal diduga terkait pencucian uang di rekening Rafael Alun Trisambodo. Selain PPATK, KPK juga menemukan adanya ketidakwajaran antara harta kekayaan bernilai fantastis milik Rafael Alun dengan profilnya sebagai eselon III di Ditjen Pajak.

KPK membuka peluang untuk menindaklanjuti temuan PPATK terkait transaksi mencurigakan Rafael Alun Trisambodo. KPK sendiri telah mengklarifikasi ketidakwajaran harta kekayaan Rafael Alun tersebut, pada Rabu, 1 Maret 2023.

Rafael Alun Trisambodo merupakan ayah Mario Dandy Satriyo, tersangka kasus penganiayaan remaja berinisial D, anak Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jonathan Latumahina. Kasus penganiayaan itu viral dan kemudian berbuntut panjang.

Ayah Mario Dandy, Rafael Alun ikut terseret. Gaya hidup glamour Mario Dandy menjadikan pertanyaan terhadap sosok sang ayah. Setelah ditelusuri, Rafael Alun ternyata memiliki harta kekayaan yang fantastis yakni sebesar Rp56 miliar. Ada peningkatan harta kekayaan Rafael Alun yang cukup signifikan.(mir)


0 Komentar