Selasa, 31 Januari 2023 14:48 WIB

Visit Beautiful West Sumatera 2023 Diyakini Majukan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Editor : Yusuf Ibrahim
Visit Beautiful West Sumatera 2023. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin Visit Beautiful West Sumatera 2023 bisa memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia.

Visit Beautiful West Sumatera merupakan program aktivasi pascapendemi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kegiatan ini juga mendorong nilai ekonomi serta membuka lapangan kerja pada semua sektor pariwisata yang ada.

"Saya mengapresiasi Provinsi Sumatera Barat yang terus bergerak dan berinovasi dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang merupakan tahun kunjungan wisata Sumatera Barat serta mendukung gerakan berwisata #DiIndonesiaAja," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno pada Senin 30 Januari 2023.

Visit Beautiful West Sumatera 2023 digagas oleh Wahyu Purnama dari kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat bersama dengan Pemprov Sumatra Barat dan pegiat pariwisata.

Ada tiga daya tarik utama wisatawan datang ke Sumatera Barat. Yakni budaya nan khas, makanan nan lamak dan lamak bana, serta alam nan indah. Ketiganya dibungkus dalam Calendar of Event & Digital Book yang dapat diakses lewat scan QR atau website www.visitbeautifulwestsumatra.id.

"Selamat dan sukses untuk program aktivasi Visit Beautiful West Sumatra tahun ini. Kami berharap gerakan ini dapat menebar harapan dan semangat kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," jelas Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengungkapkan bahwa Visit Beautiful West Sumatera 2023 ini dihadirkan untuk mendorong kinerja sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif yang terus tumbuh.

Total ada 85 event yang akan berlangsung sepanjang 2023 di 19 kabupaten atau kota di Sumatera Barat. Antara lain Tour de Singkarak, Festival Saribu Rumah Gadang, Pacu Itiak, Pacu Jawi, Tabuik, dan masih banyak lagi.

Di mana diprediksi bahwa pariwisata di Sumatera Barat akan naik pada 2023. Sehingga Andy berinisiatif menggagas Visit Beautiful West Sumatera 2023. Ini guna mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mencapai target kunjungan wisatawan ke Indonesia di tahun ini.

"Kita sebelumnya fokus di turis domestik, kita punya 8,2 juta wisatawan yang ketika Covid-19 hilang setengahnya. Nah, tujuan kami setidaknya kami ingin mengembalikan setengahnya lagi di tahun 2023 ini," pungkasnya.(mir)


0 Komentar