Minggu, 29 Januari 2023 23:51 WIB

Elon Musk Janji Bikin Mobil Listrik Murah

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - CEO Tesla Elon Musk pada tahun lalu berjanji ingin membangun mobil listrik murah yang dibanderol setengah harga Model 3.

Itu untuk menjangkau pasar lebih luas, mengingat saat ini sudah banyak produsen yang mulai bermain di mobil listrik. Pada November lalu, Musk mengatakan dalam acara KTT B20 Indonesia secara virtual bahwa membuat kendaraan yang jauh lebih terjangkau akan sangat masuk akal.

Ia juga mencatat bahwa Tesla harus melakukan sesuatu tentang segmen mobil yang terjangkau. Dikutip dari Teslarati, untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini Tesla sedang mengerjakan platform generasi baru yang diharapkan bakal siap dalam waktu dekat.

Hal tersebut tersirat dalam Surat Pembaruan Q4 dan TA 2022 Tesla. Di dalamnya berisikan bahwa platform kendaraan generasi berikutnya sedang dalam pengembangan. Detail selanjutnya tentang proyek tersebut akan dibagikan pada Hari Investor Tesla yang digelar pada 1 Maret 2023.

Meski Elon Musk tampaknya menghambat pengembangan mobil Tesla dengan harga terjangkau selama bertahun-tahun, ada laporan dari China yang menunjukkan pengerjaan kendaraan tersebut telah berlangsung selama beberapa waktu. Jika melihat kembali pada 2021, laporan dari media lokal di China menunjukkan bahwa unit prototipe Tesla yang lebih kecil dari Model 3 telah selesai.

Kendaraan itu dilaporkan dirancang di pusat R&D khusus Tesla China di Shanghai. Platform kendaraan generasi berikutnya Tesla kemungkinan gabungan dari seluruh jajaran mobil yang ada. Platform ini juga dirancang untuk efisiensi dan biaya, membuatnya kira-kira setengah dari ongkos produksi platform Model 3 dan Model Y.

Elon Musk juga mengatakan bahwa platform baru akan diproduksi dengan volume lebih tinggi daripada gabungan semua kendaraan lainnya. Ini demi memenuhi permintaan yang lebih besar ketika mobil tersebut benar-benar diluncurkan. Untuk mencapai pengurangan ongkos produksi sebesar 50 persen, Tesla mungkin harus menerapkan banyak teknologi baru untuk menyederhanakan segalanya.

Hal lain adalah produksi jutaan unit per tahun. Setelah berhasil dengan model sedan dan SUV, Tesla berulang kali mengatakan bahwa mereka ingin melakukan hal yang sama di mobil yang lebih kecil.(mir)


0 Komentar