Kamis, 15 Desember 2022 14:16 WIB

Ganjar Pranowo Unggul di Jateng dan Jatim untuk Capres 2024

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar Pranowo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ganjar Pranowo unggul di Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam survei elektabilitas calon presiden (capres) 2024 yang dilakukan oleh Poltracking pada November 2022.

Tingkat keterpilihan Gubernur Jateng itu lebih tinggi dibanding dua pesaingnya, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda mengatakan Ganjar Pranowo unggul di Provinsi Jateng dan Jatim. Khusus di Jawa Tengah, mayoritas pemilih menyatakan akan memilih Ganjar jika menjadi Capres di 2024.

"Kita lihat simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo 71,4%, Prabowo Subianto 10,8%, Anies Baswedan 9,0%. Ini yang menjelaskan, mungkin Ganjar tidak begitu kuat di beberapa wilayah tetapi dia sangat dominan di Jawa Tengah," kata Hanta Yuda dalam paparan hasil surveinya, Kamis (15/12/2022).

Bergeser ke Jawa Timur, kata dia, Ganjar Pranowo masih unggul dalam survei kali ini. Hanya, survei di Jawa Timur, elektabilitas politikus PDI-Perjuangan itu tidak sedominan seperti di Jawa Tengah. "Ini simulasi 3 nama di Jawa Timur, yang unggul Ganjar Pranowo tapi belum dominan, baru 36,1%. Kemudian Prabowo Subianto masih cukup kuat 25,5%, Anies Baswedan juga punya basis cukup kuat ya di angka 19,6%," katanya.

Untuk diketahui, Poltracking Indonesia menyelenggarakan 5 survei provinsi di Pulau Jawa (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) pada 26 November-2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sampel pada setiap/masing-masing provinsi adalah 1.000 responden dengan margin of error ±3,1% pada setiap provinsi dan tingkat kepercayaan 95%.(des)


0 Komentar