Senin, 24 Oktober 2022 14:53 WIB

Kapolri Sigit Ingatkan Seluruh Anggotanya untuk Berantas Pungli

Editor : Yusuf Ibrahim
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada seluruh anggotanya untuk mencegah dan memberangus praktik pungutan liar (pungli).

Hal itu demi mengembalikan tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri. Kapolri menekankan untuk mencegah praktik pungli adalah menghilangkan budaya bawahan harus setoran ke atasan demi mendapatkan jabatan atau sekolah.

"Kita-kita yang atasan-atasan ini juga harus mengurangi hal-hal atau menghilangkan hal-hal yang membuat anggota kemudian memiliki alasan untuk melakukan pungli, karena alasannya untuk melakukan setoran ke atasan. Ini tolong ditiadakan," kata Sigit dalam tayangan video yang dilihat di akun Instagram @ListyoSigitPrabowo, Senin (24/10/2022).

Selain itu, Sigit juga meminta jajarannya untuk langsung menangkap oknum yang menjual namanya demi mendapatkan jabatan, promosi, maupun tiket sekolah. Sigit menekankan, kalau ada pihak yang menggunakan uang untuk mendapatkan jabatan dan sekolah, langsung lakukan penangkapan terhadap oknum tersebut.

"Saya kira Pak As SDM sudah melakukan, tidak ada yang namanya mau masuk sekolah bayar, mau dapat jabatan bayar, dan ini sudah saya cek di Mabes tidak ada seperti itu. Termasuk juga kalau ada yang bawa-bawa nama saya tolong tangkap, laporkan," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim ini menyebut, hal itu telah menjadi komitmen di tingkat Mabes Polri, Polda maupun Polres. Promosi jabatan dan tiket sekolah, dinilai berdasarkan kinerja dan ukiran prestasi yang ditorehkan. "Berikan penilaian yang objektif, terkait dengan prestasinya, usulkan. dan kita juga dari Mabes akan melihat hal yang sama," ucap Sigit. Sigit menginstruksikan kepada jajaran Propam Polri untuk melakukan pengawasan ekstra ketat terkait dengan hal tersebut.

Ia tidak segan-segan langsung menindak tegas pihak yang melanggar komitmen itu. "Hilangkan hal-hal yang seperti itu, ini kalau saya dengar rekan-rekan mungkin karena langsung tak bisa lewat orang kemudian bayar, saya coret, saya batalkan. Karena ini terkait dengan komitmen kita ke depan supaya lebih baik karena itu saya minta Propam betul-betul awasi, saya masih mendengar hal-hal seperti itu, kalau masih ada saya turunkan Propam langsung saya copot. Tolong ini menjadi perhatian," tegasnya.(mir)


0 Komentar