Minggu, 11 September 2022 20:18 WIB

Usung Tema Wisata Kesehatan, Klikdokter Run Fest Half Marathon 2022 Digelar 30 Oktober di DI Yogyakarta

Editor : Yusuf Ibrahim
Klikdokter Run Fest Half Marathon 2022. (foto Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Run Fest yang diselenggarakan oleh Klik Dokter mengajak masyarakat untuk menggiatkan kembali pola hidup sehat di lingkungan sekitar pasca COVID-19.

Bukan cuma menggiatkan kembali olahraga di tengah masyarakat, acara ini juga digelar sebagai implementasi nyata program wisata kesehatan (Health Tourism). Hal ini seperti disampaikan oleh Race Director Run Fest, Satrio Guar.

“Acara ini (Run Fest) diselenggarakan untuk menggerakkan kembali pola hidup sehat masyarakat pasca COVID-19, kenapa kita pilih marathon karena lari adalah olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang hanya dengan berbekal niat sekalipun,” kata Satria saat konferensi pers di Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu siang.

Mengusung tema wisata kesehatan, Run Fest bakal digelar pada 30 Oktober mendatang di Yogyakarta dengan Stadion Mandala Krida sebagai titik utama rangkaian kegiatan. Yogyakarta sendiri dipilih karena kota ini dinilai memiliki nilai histori terkait dunia kesehatan Tanah Air.

“Ini pertama kalinya Run Fest diadakan dan mengapa kami memilih kota Yogyakarta, karena Yogyakarta adalah kota dengan warisan sejarah medis yang kaya. Dari kota ini pula banyak terdapat napak tilas lokasi awal mula dunia kesehatan kita (Negara Indonesia) berkembang,” kata Mia Argianti selaku VP Marketing KlikDokter pada kesempatan

Run Fest akan menjadi agenda half marathon pertama yang menggabungkan kegiatan olahraga dan edukasi soal sejarah dan perjalanan dunia kesehatan Indonesia hingga saat ini. “Dalam kegiatan nanti, peserta akan melewati rute yang telah dibuat, dimana rute itu kami pilih karena melewati lokasi-lokasi bersejarah yang berkaitan dengan dunia kedokteran. Salah satunya seperti RS Sardjito, pusat industri herbal di Yogyakarta dan banyak lagi lokasi bersejarah.

“Saat melewati rute yang terdapat spot bersejarah, runers akan bisa melihat napak tilas tempat itu. Mereka akan disuguhkan informasi berupa teks dan gambar terkait sejarah lokasi yang mereka lewati dan bisa menggali informasi lebih di finish line nanti,” tambah Satria.

Run Fest ini sendiri terbagi dalam empat kategori yaitu fun walk, 5K, 10K dan 21K yang bisa diikuti oleh pelari senior diatas 40 tahun. Bukan cuma agenda marathon, acara ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan games, festival kuliner, konsultasi kesehatan dan sharing session wisata kesehatan.(dan)


0 Komentar