Selasa, 23 Agustus 2022 14:04 WIB

Jokowi Harap Tarif masuk Taman Mini Indonesia Indah Tak Mahal

Editor : Yusuf Ibrahim
TMII dibuka lagi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap tarif masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak mahal.

Harapan itu agar masyarakat bisa masuk dan menikmati wisata di TMII. "Saya titip pesen juga tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus bisa tetap menikmati TMII," ujar Jokowi kepada wartawan di TMII, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa sejak dibangun tahun 1975-an, TMII belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran. Saat ini pemerintah tengah melakukan renovasi dengan total biaya Rp1,1 triliun. Renovasi TMII telah mencapai 98% dan akan segera dibuka untuk bisa dinikmati kembali oleh masyarakat.

"Kita lakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan anggaran Rp1,1 triliun dan kita harapkan setelah direnovasi menjadi sebuah tujuan wisata masyarakat dan juga turis mancanegara," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi meminta agar para gubernur dan kepala daerah ikut serta melakukan renovasi terhadap anjungannya di TMII. Renovasi anjungan harus dilakukan karena sudah banyak yang rusak. "Anjungan dari provinsi-provinsi tadi juga saya lihat banyak yang sudah keropos, banyak yang sudah rusak. Saya sudah perintahkan seluruh provinsi dan gubernur agar segera direhab dan direnovasi agar semuanya kelihatan baru," kata Jokowi.

Sebagian provinsi sudah mulai merenovasi dan membangun anjungannya dan diharapkan di akhir tahun ini semuanya selesai. Jokowi juga meminta agar TMII dapat menyelenggarakan acara rutin dan menjadi tontonan rakyat, terutama anak-anak.

"Saya juga minta kepada pengelola agar acara-acara yang berkaitan dengan seni budaya event-event itu dilakukan secara rutin, baik setiap minggu maupun setiap bulan di setiap anjungan maupun di panggung-panggung terbuka yang ada. Jadi ada kalender yang jelas menjadi sebuah tontonan yang baik untuk rakyat terutama, anak-anak kita," ungkapnya.(fik)


0 Komentar