Kamis, 12 Mei 2022 15:10 WIB

Wagub DKI Imbau Pengunjung Tebet Eco Park Buang Sampah pada Tempatnya

Editor : Yusuf Ibrahim
Tebet Eco Park. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilanews.com- Antusias warga untuk mengunjungi Tebet Eco Park sangat tinggi sejak dibuka untuk umum mulai Minggu 23 April 2022.

Namun disayangkan, pengunjung masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan masih dapat memaklumi banyaknya sampah di Tebet Eco Park.

Hal ini lumrah akibat tingginya antusias masyarakat mengunjungi Tebet Eco Park. "Namanya teman-teman warga Jakarta senang sekali hadirnya Tebet Eco Park, itu banyak berbondong-bondong. Sejak dibuka setiap hari di sana penuh, mungkin masih proses ya," ujar Ariza kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (12/5/2022).

Namun Ariza mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Hal ini harus dibudayakan warga Jakarta demi menjaga kebersihan Tebet Eco Park. "Di sana sudah disiapkan tempat-tempat sampah. Mari kita biasakan membuang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Politikus Partai Gerindra itu lalu berbagi pengalaman ketika mengunjungi Jepang. Ia melihat budaya yang dibangun Jepang patut dicontoh, dengan membuang sampah pada tempatnya hingga memilah sampah berdasarkan jenisnya.

"Di Jakarta gimana? Kita berusaha minimal membagi tiga bagian. Tapi masyarakat kita belum terbiasa membuang sampah dipilah-pilah. Terakhir saya 2017 ke Jepang, enggak ada tempat sampah di banyak tempat umum," ucapnya.

"Lalu gimana? Semua orang tidak ada membuang sampah. Kalau dia habis makan, sampah ditaruh, bawa kantong sendiri. Sampai di rumah dia bertanggung jawab buang sampah di tempat sampah di rumah masing-masing, tidak lagi di tempat umum," pungkasnya.(mir)


0 Komentar