Rabu, 26 Januari 2022 22:00 WIB

Kemnaker Dukung Pemda Lombok Tengah Siapkan Tenaga Kerja yang Sesuai Kebutuhan Pasar Kerja di Mandalika

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnewscom- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Lombok Tengah dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Mandalika.

Dukungan juga dilakukan Kemnaker melalui promosi dan partisipasi dari pelaku usaha swasta, khususnya yang ada di destinasi super prioritas Mandalika. "Perlunya penguatan dan pendampingan tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata khususnya pelatihan digital dalam rangkaian promosi dan pengembangan wisata," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, untuk menyiapkan SDM lokal yang unggul di Lombok Tengah ini, Kemnaker berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengembangkan desa wisata dan wirausaha mandiri di sekitar Mandalika.

Pengembangan ini menurut Menaker Ida dilakukan dengan cara pelatihan hard and soft skill yang mengacu pada kondisi terkini dan bersifat multitasking dan multiskilled. "Harus ada spesifikasi dan kualifikasi dari pelatihan yang dibutuhkan oleh destinasi super prioritas wisata, mengingat peminat pekerja sangat banyak dengan keahlian yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan di Mandalika," ucap Menaker Ida.

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan asosiasi perhotelan di Mandalika dalam menyiapkan tenaga kerja melalui pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan seperti BLK Lombok Timur, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), Asosiasi Industri Pariwisata, serta UMKM di wilayah Mandalika.

"Pelatihan-pelatihan tersebut nantinya dikhususkan kepada pekerja perhotelan yang akan ditempatkan pada sejumlah hotel di Mandalika," ujar Lalu Pathul Bahri.(kah)


0 Komentar