Rabu, 15 Desember 2021 12:21 WIB

Jokowi: Semua Pihak Harus Siap dengan Kemajuan Dunia Digital

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa semua pihak harus siap dengan adanya kemajuan dunia digital.

Dia mengatakan perlu disiapkan strategi Indonesia untuk menghadapi hal tersebut agar tidak tertinggal jauh dari negara-negara lain.

“Sehingga saya sampaikan kepada menteri dan BUMN pada yang lain juga, waktu kita tidak banyak untuk bisa mengejar itu. Dan negara ini akan maju kalau kita bisa melompat dan waktunya hanya dua tahun,” katanya katanya dalam Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12/2021).

Jokowi mengakui hal tersulit saat ini adalah menyiapkan talenta digital dalam jumlah yang besar. Namun dia mengaku beruntuk bahwa ada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

“Yang paling sulit memang bagaimana menyiapkan talenta digital dalam jumlah yang besar. Mendatang mentor-mentor yang memiliki kualifikasi yang baik. Dan kita beruntung menteri pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahan teknologi. Mas Nadiem. Untung banget kita. Saya tanya selalu dijawab dengan sangat cepat,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa mendikbud akan menyediakan talenta digital dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. “Ini gimana jumlahnya saya engga mau hanya 1-2, seribu, 2 ribu, kita minta jutaan. Bisa pak. Kampus merdeka, merdeka belajar itu jawabannya pak. Caranya? Ya tadi yang sudah disampaikan oleh pak menteri tadi,” pungkasnya.(mir)


0 Komentar