Rabu, 06 Oktober 2021 10:46 WIB

China Ingatkan AS dan Sekutunya Tentang Potensi Perang Terkait Taiwan

Editor : Yusuf Ibrahim
Jet tempur China. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- China melalui media corongnya, meluncurkan peringatan mengerikan terhadap Amerika Serikat (AS) dan sekutunya tentang potensi perang terkait Taiwan.

Peringatan muncul setelah 56 pesawat tempur China menyeberang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Senin (4/10/2021) kemarin.

Dalam editorialnya semalam, The Global Times mengatakan "suasana damai” di wilayah pulau Taiwan telah hilang dan tekanan dari Barat telah mengakibatkan rasa mendesak bahwa perang dapat dipicu kapan saja.


Ketegangan telah meningkat di Taiwan selama bertahun-tahun, tetapi situasi semakin memanas ketika Taipei mendesak Beijing untuk menghentikan "tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab" setelah 56 pesawat tempur China melintasi zona pertahanan udaranya dalam serangan rekor lainnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mengerahkan beberapa pesawat untuk menyiarkan peringatan setelah 36 jet tempur, 12 pengebom berkemampuan nuklir H-6 dan empat pesawat lainnya memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya.

Empat jet tempur lagi memasuki zona itu dalam serangan mendadak malam, sehingga totalnya menjadi 56 pesawat.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan yang menuduh China melakukan kegiatan militer provokatif yang merusak perdamaian dan stabilitas regional."Komitmen AS untuk Taiwan sangat kuat," kata departemen tersebut.

Namun, China membalas dalam editorial pedas Global Times yang mengatakan bahwa tampilannya kemarin adalah peringatan keras bagi otoritas Partai Progresif Demokratik (DPP)—partai berkuasa yang pro-kemerdekaan Taiwan.

“Kolusi strategis antara AS dan Jepang dan otoritas DPP menjadi lebih berani, dan situasi di Selat Taiwan hampir kehilangan ruang untuk manuver yang tertatih-tatih di tepi pertarungan, menciptakan rasa urgensi bahwa perang dapat dipicu kapan saja,” bunyi editorial tersebut.

“Pasukan separatis di pulau itu tidak akan pernah diizinkan untuk memisahkan Taiwan dari China dengan nama apa pun atau dengan cara apa pun, dan, pulau itu tidak akan diizinkan untuk bertindak sebagai pos terdepan dari penahanan strategis AS terhadap China.”

Surat kabar tersebut mengeklaim bahwa opini publik arus utama baru di daratan China adalah bahwa China harus membuat persiapan yang sungguh-sungguh berdasarkan kemungkinan pertempuran.

“Sekarang, kami ingin memperingatkan otoritas DPP dan pendukungnya: jangan terus bermain api. Mereka harus melihat bahwa persiapan daratan China untuk menggunakan kekuatan melawan pasukan separatis Taiwan jauh lebih kuat dari sebelumnya,” lanjut media pemerintah China.

“Jika AS dan otoritas DPP tidak mengambil inisiatif untuk membalikkan situasi saat ini, hukuman militer China untuk pasukan separatis 'kemerdekaan Taiwan' pada akhirnya akan dipicu. Waktu akan membuktikan bahwa peringatan ini bukan hanya ancaman verbal.”

Mainland Affairs Council (MAC), badan pembuat kebijakan utama Taiwan di China, menuduh Beijing secara serius merusak status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dengan serangkaian serbuan pesawat tempur baru-baru ini.

"Kami menuntut pihak berwenang Beijing segera menghentikan tindakan provokatifnya yang tidak damai dan tidak bertanggung jawab," kata juru bicara MAC Chiu Chui-cheng dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip news.com.au, Selasa (5/10/2021).

“China adalah pelakunya karena menyebabkan ketegangan antara kedua sisi Selat (Taiwan) dan itu semakin mengancam keamanan dan ketertiban regional,” lanjut dia.

"Taiwan tidak akan pernah berkompromi dan menyerah pada ancaman."

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan tetapi mencakup area yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China sendiri dan bahkan mencakup beberapa daratan.

Taiwan yang demokratis dengan pemerintahan sendiri hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan kekerasan jika perlu.

Dalam dua tahun terakhir, Beijing telah mulai mengirim serangan mendadak besar-besaran ke zona pertahanan Taiwan untuk menandakan ketidakpuasan pada saat-saat penting—dan untuk membuat armada tempur Taipei yang menua secara teratur ditekan.

Hampir 150 pesawat tempur China telah melanggar ADIZ Taiwan sejak Jumat, ketika Beijing menandai Hari Nasional-nya dengan unjuk kekuatan udara terbesar saat itu, memenuhi pulau itu dengan 38 pesawat.

Itu diikuti oleh serangan lain oleh 39 pesawat pada hari Sabtu, yang memicu kritik dari Washington.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menegaskan kembali pada hari Senin bahwa Amerika Serikat sangat prihatin dengan langkah provokatif oleh Beijing.

"Kegiatan ini membuat tidak stabil, berisiko salah perhitungan dan merusak perdamaian dan keamanan regional," kata Price.

“Kami sangat mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan dan paksaan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan,” katanya, yang menyebut komitmen AS ke pulau itu kokoh.

Kementerian Luar Negeri China pada hari Senin menuduh Washington mengirimkan sinyal yang sangat salah dan tidak bertanggung jawab dengan tindakan provokatif seperti menjual senjata ke Taipei dan mengirim kapal perangnya ke Selat Taiwan.

"AS harus memperbaiki kesalahannya, dengan sungguh-sungguh mematuhi 'Prinsip satu China'...menangani masalah Taiwan dengan hati-hati dan tepat, berhenti memperkuat pasukan separatis 'kemerdekaan Taiwan'," kata juru bicara kementerian itu, Hua Chunying.

Beijing telah meningkatkan tekanan pada Taiwan sejak terpilihnya lagi Tsai Ing-wen sebagai presiden dalam pemilu 2016. Presiden Tsai menolak bahwa Taiwan adalah bagian dari "satu China".

Di bawah Presiden Xi Jinping, pesawat tempur China menyeberang ke ADIZ Taiwan dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tahun lalu, rekor 380 jet militer China melakukan serangan ke zona pertahanan Taiwan, dan jumlah tahun ini pada awal Oktober telah melebihi 600.

Pekan lalu, 24 pesawat tempur China terbang ke zona itu setelah Taiwan mendaftar untuk bergabung dengan pakta perdagangan trans-Pasifik utama, sebuah langkah yang ditentang Beijing.

Unjuk kekuatan hari Jumat terjadi pada minggu yang sama ketika China menuduh Inggris melakukan "perhatian jahat" setelah mengirim kapal fregat untuk berlayar melalui Selat Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai jalur airnya sendiri.

Xi menggambarkan Taiwan menjadi bagian dari daratan sebagai hal "tak terhindarkan". Pejabat militer AS telah mulai berbicara secara terbuka tentang kekhawatiran bahwa China dapat mempertimbangkan yang sebelumnya tidak terpikirkan dan menyerang.

"Serangan hari Senin adalah cara bagi Beijing untuk memberi tahu Washington bahwa mereka tidak akan tunduk pada peringatan AS, bahwa itu, bukan Washington, yang menetapkan aturan di bagian dunia ini,” kata J. Michael Cole, seorang analis yang berbasis di Taipei di Program Studi Taiwan Universitas Nottingham.(mir)


0 Komentar