Selasa, 24 Agustus 2021 13:41 WIB

Budi Tegaskan Indonesia Terima 130 Juta Vaksin Covid-19

Editor : Yusuf Ibrahim
Vaksinasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Vaksinasi merupakan hal penting yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu ketersediaan dan stok vaksin harus diperhatikan betul agar bisa mencakup seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan vaksinasi maka tingkat keparahan akibat Covid-19 bisa ditekan sehingga menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.


Dalam sesi jumpa pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (24/8/2021), Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin diminta presiden untuk melakukan update mengenai kondisi stok vaksin di Tanah Air.

Dia memaparkan bahwa saat ini Indonesia memiliki 130 juta vaksin yang sudah diterima sampai sekarang. "Per kemarin sudah disuntikkan 91 juta. Dari 130 juta itu 116 juta sudah ada di daerah, sementara 8,1 juta itu sedang dalam perjalanan. Hanya sekitar 5,3 juta vaksin yang dipegang. Sebagai masih ada dalam stok dan beberapa sedang dalam proses untuk redressing. Jadi masuk dari luar negeri kita harus ubah kemasannya sebelum dikirim lagi. Sementara sisanya kita pegang sebagai stok," jelas Menkes Budi.


Dari 116 juta vaksin yang sudah ada di daerah, per Senin 23 Agustus 2021, sudah disuntikkan sekitar 91 juta. Sehingga masih ada stok di daerah baik provinsi maupun kabupaten kota sekitar 25 juta (116 juta-91juta). Alhasil saat ini masih ada sekitar 25 juta stok vaksin yang tersedia di daerah.

"Apabila kecepatan vaksinasi Covid-19 itu sebanyak satu juta per hari, jadi masih ada sekitar 25 hari dan itu sebenarnya cukup. Sebab akan datang cukup banyak vaksin Covid-19 ke depannya," tuntasnya.(mir)


0 Komentar