Kamis, 29 Juli 2021 20:04 WIB

Pemerintah Pastikan Stok Vaksin di Bio Farma Aman

Editor : Yusuf Ibrahim
Vaksinasi Covid-19. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah terus bekerja keras memenuhi kebutuhan vaksin virus Corona (Covid-19) bagi masyarakat.

Pemerintah juga memastikan stok vaksin di Bio Farma aman. "Pemerintah terus mempercepat distribusi vaksin Covid-19 ke seluruh pelosok daerah, Stok di pusat (Bio Farma) aman, itu yang dikawal cepat proses produksi dan distribusinya untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok," ujar Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto, dalam keterangan yang diterima Kamis (29/7).

Menurutnya, komitmen ini dibuktikan dengan kedatangan 21,2 juta dosis vaksin bentuk bulk atau bahan baku produksi Sinovac di Jakarta, Selasa 27 Juli 2021.

Dengan demikian total vaksin bulk yang telah diterima Indonesia menjadi 144,7 juta dosis vaksin yang setelah diolah Bio Farma diperkirakan menjadi sekitar 117,3 juta dosis vaksin bentuk jadi.

"Apabila ditambah dengan vaksin jadi yang telah datang, total vaksin yang dimiliki Indonesia kombinasi vaksin dalam bentuk bulk dan vaksin jadi sebanyak 173,1 juta dosis vaksin. Dan rencananya pada Agustus 2021 nanti Indonesia akan kembali kedatangan vaksin COVID-19 sebanyak 45 juta dosis yang terdiri dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna dan Pfizer," katanya.

Bambang memaparkan, per 27 Juli, Bio Farma telah mendistribusikan 80 juta dosis vaksin ke 34 Provinsi di Indonesia dengan rincian Vaksin CoronaVac (Vaksin Jadi merek Sinovac) sebanyak 3 juta dosis, Vaksin COVID-19 (Vaksin produksi Bio Farma dari bahan baku Sinovac) sebanyak 65,7 juta, dan AstraZeneca sebanyak 11,3 juta. "Jumlah itu belum termasuk vaksin Moderna dan Sinopharm (Vaksin Gotong Royong)," tutupnya.(mir)


0 Komentar