Rabu, 14 Juli 2021 13:59 WIB

Menkeu Sri Tegaskan PPKM Darurat Selama 4-6 Minggu untuk Menahan Penyebaran Kasus Covid-19

Editor : Yusuf Ibrahim
Penyekatan PPKM darurat. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah menyiapkan skenario untuk memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sampai 4-6 minggu ke depan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan hal itu dilakukan risiko pandemi Covid-19 masih tinggi dalam menghadapi mutasi virus.

"PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan," tulis bahan paparan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam rapat virtual, Senin (14/7/2021).

Menurut dia PPKM Darurat diperkuat untuk merespons dampak negatif peningkatan kasus Covid-19 terhadap perekonomian dan diperlukan akselerasi vaksinasi hingga efektivitas PPKM Darurat. "Ini terkait dengan kesiapan sistem kesehatan, baik itu fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatann," katanya.

Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus melonjak dan kini sudah mencapai 2,5 juta orang yang terpapar virus corona dengan kasus aktif yang terus meningkat. Lonjakan kasus diiringi dengan penambahan kasus kematian yang tinggi, bahkan pernah mencapai lebih dari 1.000 kasus kematian dalam satu hari.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, Senin (12/7/2021) hingga pukul 12.00 WIB mencatat ada tambahan kasus baru sebanyak 40.427 orang. Dengan begitu total kasus Covid-19 yang ada di RI mencapai 2,567 juta orang. Angka tertinggi dibandingkan penambahan sebelumnya yang masih di kisaran 30.000-an per hari. Hal ini pun membuat pasien yang membutuhkan perawatan semakin meningkat.(mir)


0 Komentar