Minggu, 04 April 2021 19:34 WIB

Kemenkes Jelaskan Tiga Penyebab Lansia Sulit Akses Layanan Vaksinasi Covid-19

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, jumlah masyarakat lanjut usia (lansia) yang mengikuti vaksinasi Covid-19 (virus Corona) baru mencapai delapan persen.

"Saat ini baru sekitar delapan persen usia di atas 60 tahun yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Minggu (4/1/2021).

Ia mengatakan, sosialisasi perlunya vaksinasi Covid-19 kepada lansia harus terus dilakukan lantaran mereka berisiko lebih besar bila terpapar virus tersebut. Selain sosialisasi, Nadia menjelaskan pendampingan perlu dilakukan oleh pihak yang lebih muda.

"Kita pahami ada beberapa kendala terkait usia di atas 60 tahun untuk mengakses pos-pos layanan vaksinasi," imbuhnya. 

Menurut Nadia ada tiga faktor yang menyebabkan lansia sulit mengakses layanan vaksinasi Covid-19. Pertama, masih adanya rasa takut dari para orang tua untuk keluar dan beraktivitas di luar rumah.

Kedua, adanya keterbatasan untuk mencapai sentra vaksinasi. Ketiga, terbatasnya kemampuan lansia untuk melakukan pendaftaran elektronik vaksinasi. "Perlunya bantuan dari keluarga atau anaknya sendiri untuk bisa mengantarkan ke sentra vaksinasi tersebut," ungkapnya.

"Maka dengan ini kita mendorong tentunya partisipasi usia di atas 60 tahun mengikuti program vaksinasi dengan cara menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap kesehatan orang tua kita maupun orang di sekitar kita yang telah berusia 60 tahun," pungkasnya.(kah)


0 Komentar