Selasa, 23 Maret 2021 21:07 WIB

Satgas Ingatkan Penanganan Covid-19 Tetap Dilaksanakan dengan Penuh Semangat

Editor : Yusuf Ibrahim
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 (virus Corona) mingguan per tanggal 21 Maret 2021.

Dalam hal ini kasus positif, kematian dan juga kesembuhan selama seminggu. Terkait kasus positif, Wiku menyebut, untuk pertama kalinya selama empat minggu terjadi kenaikan. Provinsi yang paling banyak mengalami kenaikan kasus positif yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.

"Untuk pertama kalinya mengalami kenaikan setelah empat minggu berturut-turut mengalami penurunan. Kenaikan sebesar 2,3% ini, meskipun angkanya kecil namun tetaplah kenaikan kasus baru yang seharusnya dapat kita jaga untuk selalu turun," kata Wiku dalam konferensi persnya, Selasa (23/3/2021).

Sementara itu untuk angka kematian kembali mengalami kenaikan pada pekan ini. Di mana kenaikan angka kematian akibat Covid-19 sudah terjadi selama dua minggu berturut-turut.

"Di minggu ini kasus kematian baru mengalami kenaikan 10% . Lebih besar dari minggu lalu yang naik sebesar 5,45%. Kenaikan ini dikontribusikan dari lima provinsi dengan kasus kematian baru tertinggi yaitu dua di antaranya berasal dari Pulau Jawa yaitu Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah dan Jambi," ujarnya.

Sementara itu untuk angka kesembuhan, dia menyebut kembali mengalami penurunan. Wiku mengatakan angka kesembuhan telah mengalami penurunan selama enam minggu berturut-turut.

"Di minggu ini jumlah kasus sembuh baru mengalami penurunan sebesar 0,7%. Meskipun penurunannya kecil namun seharusnya kasus sembuh baru harus dapat terus meningkat jumlahnya setiap minggu. Meskipun begitu saya ingin mengapresiasi lima provinsi yang masih mencatatkan angka kesembuhan yang tinggi yaitu Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Riau dan Jambi," ungkapnya.

Wiku mengatakan, perkembangan minggu ini menunjukkan perkembangan yang kurang diharapkan. Dia pun meminta kepada seluruh provinsi, khususnya yang memiliki penambahan kasus positif dan kematian baru tertinggi untuk tidak lengah.

"Terlebih tiga di antaranya yaitu provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Tengah telah memasuki minggu ke-7 PPKM mikro setelah sebelumnya diawali PPKM tingkat kabupaten/kota selama empat minggu. Jangan sampai keberhasilan menekan penambahan kasus positif baru selama pelaksanaan enam minggu PPKM mikro ini hanya bertahan sementara," paparnya

Dia menyebutkan, hal ini mungkin disebabkan karena adanya rasa jenuh di beberapa daerah. Namun dia meminta agar penanganan Covid-19 tetap dilaksanakan dengan penuh semangat.

"Beberapa daerah mungkin sudah mulai sudah merasa jenuh dengan rutinitas penanganan Covid-19. Untuk itu saya berpesan mari kita bangkit dan mempertahankan semangat penanganan Covid-19 karena semangat kita adalah nyawa bagi mereka," pungkasnya.(mir)


0 Komentar