Minggu, 28 Februari 2021 19:51 WIB

Imam Sudjarwo Katakan Proliga untuk Tahun Ini Masih bersifat Tentatif

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kompetisi bola voli terbesar di Indonesia, Proliga 2021 masih menjadi tanda tanya.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PBVSI 2021 yang berlangsung secara virtual, Sabtu (27/2/2021), tidak memberikan kepastian terkait kompetisi mengingat pandemi covid-19 masih mewabah di Tanah Air.

Ketua Umum PP. PBVSI, Imam Sudjarwo mengatakan, kompetisi Proliga untuk tahun ini masih bersifat tentatif. Meski ada harapan akan digelar lima atau enam bulan kedepan, dia tetap tidak bisa menjanjikan kejuaraan tersebut berlangsung.

“Jika memungkinkan akan dilaksanakan antara Juli atau Agustus. Tapi, itu juga tergantung situasi,” kata Imam seusai menutup Rakernas, di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Proliga tahun lalu dihentikan pada putaran kedua, karena adanya pandemi Covid 19 yang melanda dunia. “Kita belum tahu apakah Covid-19 akan berkurang atau tidak. Namun, kita mengharapkan jauh berkurang sehingga Proliga dan kegiatan lain bisa berjalan," tambahnya.

Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PBVSI, Hanny S Surkatty mengungkapkan selain karena pandemi Covid-19, kompetisi Proliga belum bisa diputuskan waktu dan tempatnya akan digelar karena terkendala sponsor. "Kita tunggu saja, dua atau tiga bulan sebelum digelar sudah ada kepastian adanya sponsor. Agar klub-klub peserta bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi," ucap Hanny yang juga direktur Proliga.

Namun, jika sponsor tidak kunjung pasti hingga April, Hanny mengatakan Proliga untuk musim 2021 ditiadakan dan akan digelar Januari 2022. "Masalahnya sponsor yang kita harapkan masih belum memberikan jawaban," tuturnya.

Selain Proliga, kalender kegiatan lainnya seperti Livoli dan Kejurnas Antarklub juga masih tentatif baik waktu dan tempatnya. Menurut Hanny, turnamen selain Proliga ditawarkan ke daerah untuk menjadi panitia atau tuan rumah. “Jika ada daerah yang bersedia menjadi tuan rumah dan membiayai penuh Livoli maupun Kejurnas kita beri kesempatan," sambungnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan Kejurnas Voli Indoor Antarklub U-17 dipastikan berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur pada 24-28 November 2021.

Begitu pula dengan Sirkuit Voli Pantai seri satu hingga empat berlangsung di empat tempat antara lain Jakarta (seri 1/16-20 Juni), Sidoarjo (2/19-22 Agustus), Pacitan (3/26-29 Agustus), dan Lamongan (4/9-12 Desember).

Untuk internasional, AVC Beach Volleyball Tour dijadwalkan berlangsung di Ancol, Jakarta pada 23-27 Juni 2021. "Hal itu jika kondisi sudah aman dari pandemi covid-19," ucap Imam Sudjarwo.

Dua even yang sama juga akan dilaksanakan yakni Oktober-November di Babel dan November di Labuan Bajo.(mir)


0 Komentar