Selasa, 29 September 2020 13:49 WIB

Sandiaga Katakan Resesi Seperti Mendaki Tebing Terjal dan Curam

Editor : Yusuf Ibrahim
Sandiaga Salahudin Uno . (foto istimewa)

JAKARTA - Krisis Ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19 menjadi ujian, bukan hanya untuk Indonesia saja tapi juga seluruh dunia.

Pengusaha kondang, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 ini bisa diibaratkan seperti mendaki tebing. "Semakin terjal dan curam, semakin kita berjuang untuk mendaki. Maka pandemi ini adalah ujian kita untuk naik kelas," ujar Sandiaga dalam Webinar "Membangkitkan Ekonomi Umat di Tengah Pandemi" dalam rangka Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYS) Goes To Campus di Jakarta, Selasa (29/9/2020).


Dia menyampaikan, di balik setiap krisis, selalu muncul peluang. Khususnya, dari Covid-19 ini, ada beberapa sektor yang tumbuh kuat, salah satunya adalah sektor pertanian. "Covid-19 menyadarkan bahwa kita harus kuat mengisi sektor pertanian, karena ekonomi kita berbasis kebutuhan. Sektor pertanian ini bisa kita utamakan, menghasilkan peluang-peluang di bisnis pangan, enablernya adalah inovasi," tambah Sandiaga.

Pandemi ini juga menjadi momentum untuk membangun dan meningkatkan literasi teknologi dan digital, serta kesadaran untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan customer. "Ini juga untuk melatih entrepreneurship, yang juga merupakan semangat mengambil risiko dan keputusan yang mungkin tidak populer. Kita harus selalu menjadi individu proaktif, karena yang baik akan selalu menghampiri yang bergerak," tutur Sandiaga.(ist)

 


0 Komentar