Senin, 10 Agustus 2020 13:11 WIB

Menpan-RB Tegaskan Presiden dan Wapres Tak akan Terlibat dalam Pilkada 2020

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpan-RB, Tjahjo Kumolo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah selama tahapan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilk-da) serentak 2020 selesai.

Dalam kesempatan itu, dia meyakini Presiden dan Wakil Presiden tak akan terlibat dalam Pilkada 2020. Oleh karenanya, dia berharap sikap tersebut diikuti oleh pejabat tinggi negara hingga ASN dalam menjaga netralitasnya. "Saya yakin Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin tidak akan terlibat dalam proses aktivitas Pilkada," kata Tjahjo dalam Webinar bertajuk "Netralitas dan Kewaspadaan ASN dalam Pilkada Serentak Tahun 2020', Senin (10/8/2020). 

Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi juga akan menunda kegiatan pulang ke kampung halamannya di Solo, sampai pelaksanaan Pilkada 2020 selesai. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk keseriusan orang nomor satu di Indonesia ini dalam rangka menghindari adanya anggapan kepentingan tertentu. "Mungkin mulai hari ini sampai selesai Pilkada, beliau tidak pulang ke Solo misalnya, di Jakarta saja. Ini menunjukkan netralitasnya," ujarnya. 

Dalam pesta demokrasi ini, Solo menjadi salah satu daerah yang mengikuti penyelenggaran Pilkada serentak 2020. Diketahui juga, putera sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu bakal calon Wali Kota Solo Tahun 2020.(bre)


0 Komentar