Senin, 26 Agustus 2019 13:07 WIB

DKI Diharapkan Tak Bernasib Seperti Sulteng

Editor : Yusuf Ibrahim
Tjahjo Kumolo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, berharap DKI Jakarta tidak bernasib sama dengan Sulawesi Tengah (Sulteng) yang posisi jabatan wakil gubernur (wagub) kosong sampai tiga tahun lamanya.

“Sulteng tiga tahun karena partai pengusung belum ada kata sepakat. DKI juga sama. Harapan saya, anggota DPRD DKI yang baru ini sudah merencanakan programnya untuk memilih wagub DKI. Soal lain-lain saya tidak ada kewenangan untuk berbicara. Itu kewenangan penuh DPRD,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Dia mengaku sebenarnya berharap DPRD DKI Jakarta periode lalu dapat menetapkan Wagub DKI Jakarta. Harapannya dapat dilantik bersaman dengan Wagub Sulteng hari ini. “Harapan saya awalnya DPRD periode kemaren sudah memutuskan wagub DKI sehingga pelantikannya bisa sama-sama dengan wagub Sulteng,” ujarnya.

Ditanyakan apakah ada kemungkinan dilantik tahun ini, Tjahjo menilai hal tersebut diputuskan oleh DPRD DKI Jakarta. “Jangan tanya saya. Tanya DPRD. Saya mengharapkan diagendakan oleh DPRD DKI. Soal mau cepat mau lambat itu kewenangan DKI. Lebih cepat lebih baik. Gitu aja. Supaya bisa membantu Pak Anies,” ungkapnya.

Tjahjo mengatakan saat ini kursi Wagub yang kosong hanya ada di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jambi. 
“Ada juga Jambi. Tapi karena sudah lewat karena 18 bulan sudah tidak bisa lagi (penunjukan wagub). Tinggal itu saja,” pungkasnya.(ist)


0 Komentar