Jumat, 24 Agustus 2018 10:21 WIB

Garuda Muda Diminta Waspadai Permainan UEA

Editor : Yusuf Ibrahim
Timnas Indonesia U-23 (merah). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Timnas Indonesia U-23 berambisi lolos saat menghadapi Uni Emirates Arab (UEA) U-23 pada laga 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jumat (24/8/2018) pukul 16.00 WIB. 

Indonesia wajib mewaspadai permainan UEA demi membuka jalan ke 8 besar. Garuda Muda melaju ke babak 16 besar dengan menjadi juara Grup A.

Sedangkan UEA di Grup C menjadi salah satu tim terbaik di peringkat tiga grup. Meski sepanjang sejarah tim U-23 kedua tim belum pernah bertemu, bukan berarti kekuatan mereka tidak bisa dibedah

Melihat statistik dan performa kedua tim, Indonesia lebih diunggulkan bisa memenangi pertandingan ini. Pasalnya permainan Garuda Muda sudah kompak dan teruji. 

Dalam empat pertandingan penyisihan grup, Indonesia hanya menelan satu kekalahan dan sisanya menang. Di sisi lain, UEA hanya meraup satu kemengan dan dua kalah dari tiga pertandingan grup. Bahkan kemenangan itu hanya diraih UAE dari tim lemah Timor Leste.

Jika dikomparasi soal pola serangan, Indonesia juga masih unggul dibanding UEA. Selama babak penyishan grup, Indonesia melesakan 11 gol dan hanya kemasukan tiga. Sementara UEA hanya mencetak lima gol dan kemasukan empat gol. Dengan demikian lini serang dan bertahan Indonesia sangat balance jika dibandingkan UEA.

Selain statistik, Indonesia juga akan berlaga di hadapan ribuan suporter fanatiknya. Dukungan penuh fans akan meningkatkan mental para pemain. Bukti fans Merah Putih berpengaruh besar dalam kesuksesan Indonesia di fase grup adalah ketika pertandingan melawan Hong Kong di laga ketiga babak penyisihan Grup A.

Saat itu para suporter Indonesia tak henti-hentinya memberi semangat kepada  Hansamu Yama dkk. Indonesia akhrinya mampu menyudahi pertandingan 3-1 setelah sebelumnya tertinggal terlebih dahulu.

"Tanpa mereka (suporter), saya rasa kami bukan siapa-siapa dan teriakan penonton memberikan kami kekuatan tambahan, memberikan energi supaya bisa bermain dengan hati. Bisa menghidupkan permainan dan bisa memberikan keyakinan untuk bisa mencetak gol dan meraih kemenangan," ucap pelatih Indonesia U-23, Luis Milla.

"Semoga kami bisa lebih baik lagi karena pada babak 16 besar nanti mungkin lawan yang akan dihadapi semakin tangguh. Kemenangan ini juga untuk seluruh suporter di Indonesia. Semoga kami bisa lebih baik lagi dan berharap menjadi juara," ucap gelandang Indonesia, Septian David.

Kendati diunggulkan di atas kertas, Indonesia tak boleh menggangap remeh UEA yang akan memanfaatkan laga 16 besar dengan semaksimal mungkin. Diprediksi, UEA akan tampil lepas dalam menghadapi Indonesia. Sebab mereka bisa dikatakan sudah tak terbebani di laga ini karena lolos setelah mendapat 'hadiah' sebagai salah satu tim terbaik di peringkat ketiga.

Satu-satunya yang mungkin masih menghambat bentuk permainan mereka selama ini adalah mereka selalu tampil tertekan di babak grup karena diharuskan memenangkan seluruh pertandingan grup guna mengamankan tiket ke babak 16 besar.(exe/ist)

Perkiraan pemain
Indonesia U-23 (4-3-3)
: Andritany Ardhiyasa, Putu Gede Juni, Zulfiandi, Hansamu Yama (C), Evan Dimas Darmono, M.Rezaldi Hehanussa, Alberto Goncalves da Costa, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi, Ricky Fajrin Saputra, Irfan Jaya
Pelatih: Luis Milla

Uni Emirat Arab (4-4-2): Saleem Sultan Al Sharjee, Ahmed Rashid, Esmail Khalid, Khaled Abdulla Mobarak, Mohamad Omar Al Attas, Shahin Surour Al Dermaki, Ahmed Al Attas, Zayed Al Ameri, Khaled Aldhanhani, Sultan Al Mantheri, Zayed Ahmed.
Pelatih: Abdulla Mesfer


0 Komentar