Senin, 04 Juni 2018 08:17 WIB

Dosen Luar Negeri Diharapkan Mengajar Lebih Lama

Editor : Rajaman
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta dosen luar negeri yang mengajar di Indonesia dengan jumlah sekitar 200 dosen untuk bisa menetap agar bisa memberikan hasil maksimal bagi mahasiswa.

"Kami minta dosen luar negeri yang sudah mengajar di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia bisa menetap sekitar dua tahun agar hasilnya bisa maksimal. Data yang ada di Indonesia sudah ada ya berkisar 150-200 dosen luar negeri yang mengajar di Indonesia," kata Nasir, Senin (4/6/2018).

Dia mengatakan dosen luar negeri yang mengajar di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia tersebut hanya menetap sekitar sebulan kemudian kembali lagi ke negaranya.

"Tapi kalau bisa menetap selama dua tahun misalnya, maka hasilnya akan maksimal bagi mahasiswa yang belajar di S1,S2 juga S3," tambah Nasir.

Nasir mengatakan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia sendiri saat ini membutuhkan pengalaman para dosen dari luar negeri untuk mengajar, terutama di bidang sains dan teknologi.

"Dosen yang kita butuhkan yaitu dosen sains dan teknologi, sebagai usaha meningkatkan ekonomi di Indonesia," ujarnya.

Nasir kembali menjelaskan ada tiga faktor rendahnya kualitas pendidikan yaitu kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

Selain itu juga kemampuan menguasai matematika dan kurangnya publikasi ilmu pengetahuan dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Ia mencontohkan pada 2015 publikasi ilmu pengetahuan dari PT di Indonesia hanya sekitar 4.500 publikasi, masih kalah dibandingkan dengan Singapura dengan jumlah sekitar 8.000 publikasi.

"Dengan berbagai upaya akhirnya PT di Indonesia pada 2018 mampu mempublikasi ilmu pengetahuan dengan jumlah sekitar 9.500 publikasi, sedangkan Singapura hanya sekitar 8.000 publikasi," kata dia.


0 Komentar