Jumat, 01 Juni 2018 09:23 WIB

Cegah Terorisme, Pengamanan Asian Games Diminta Diperketat

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra meminta pemerintah memperketat pengamanan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Sumatera Selatan pada Agustus mendatang. 

Hal ini menyusul maraknya aksi teror bom yang dilakukan teroris di beberapa titik di wilayah Indonesia, akhir-akhir ini.

“Maraknya teror bom membuat kita harus lebih waspada, jangan sampai kita kecolongan. Jika sampai Asian Games ini ada insiden bom, tentu akan mencoreng nama Indonesia di dunia internasional. Untuk itu saya meminta kepada Inasgoc, selaku panitia Asian Games, untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan,” kata Sutan, Jumat (1/6/2018).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, faktor keamanan merupakan hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games. Pasalnya, pesta olahraga terbesar se-Asia itu berpotensi menjadi sarana untuk menjalankan aksi terorisme. Sehingga, Indonesia sebagai tuan rumah, harus meningkatkan kewaspadaan. Namun di sisi lain, Sutan yakin Polri, TNI, maupun aparat keamanan terkait lainnya bisa melakukan tugasnya secara baik.

“Dalam hal ini, saya pikir kita percaya akan profesionalitas Polri maupun TNI dalam melakukan pengamanan. Tinggal bagaimana kita, khususnya Inasgoc bisa berkoordinasi secara baik dalam mengantisipasi aksi teror yang mungkin terjadi,” imbuh Sutan.

Menurut Sutan, event Asian Games 2018 bukan hanya masalah sukses atau tidaknya penyelenggaraan, tetapi menyangkut aspek kepercayaan internasional. Jika Asian Games berjalan  sukses, maka akan memicu investasi, perputaran ekonomi, hingga pariwisata. Dan semua itu membutuhkan kondisi keamanan yang terjaga.

“Kita percayakan ini pada Polri, TNI maupun aparat terkait lainnya, sehingga Asian Games 2018 menjadi momentum kebangkitan bangsa melalui event olahraga,” harap politisi dapil Jambi itu.


0 Komentar