Selasa, 01 Mei 2018 10:06 WIB

Indonesia Tawarkan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bulan Mei ini.

"Kami menawarkan, jika ada rencana pertemuan antara Pemimpin Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump, itu dapat diadakan di sini di Indonesia," kata Jokowi pada hari Senin setelah bertemu dengan utusan dari Korea Utara dan Korea Selatan.

Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara An Kwang Il bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan.

Diplomat Korea Utara berjanji akan memberikan penawaran Jokowi kepada Kim Jong Un.

Jokowi, didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan dia tidak bisa memastikan apakah tawaran itu akan diterima. "Kami masih belum tahu, dia (An Kwang Il) masih harus mengirimnya ke sana dulu," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyarankan Indonesia dapat memainkan peran mediator antara Korea Selatan dan Korea Utara. Jokowi mengatakan jika Korea Utara dan Korea Selatan membutuhkan tempat netral untuk menindaklanjuti kesepakatan damai, Indonesia siap menjadi tuan rumah kedua negara.

Dia mengatakan Indonesia sangat mendukung pembicaraan damai antara kedua negara. Bagi Indonesia, rekonsiliasi antara Korea Selatan dan Korea Utara berarti terciptanya iklim yang kondusif di kawasan itu sehingga negara-negara dapat fokus pada perdagangan. "Wilayah kami menjadi lebih damai, dan kita semua dapat berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur dan pembangunan di sektor ekonomi," kata Jokowi.


0 Komentar