Sabtu, 07 April 2018 13:46 WIB

Gunung Sinabung Kembali Meletus Setelah 1 Bulan Kondisi Tenang

Editor : Amri Syahputra
Gunung Sinabung Meletus

Sinabung, Tigapilarnews.com _ Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali meletus pada hari Jumat, memuntahkan abu abu vulkanik besar hingga 5 kilometer ke udara dan mengirim awan panas sejauh 3,5 km ke arah yang berbeda.

Letusan terjadi pada jam 4:07 sore. mengejutkan penduduk lokal yang tinggal di sekitar gunung berapi. Namun, sebagai aktivitas gunung api Sinabung telah menurun dalam sebulan terakhir.

“Tidak ada letusan yang tercatat dalam sebulan terakhir. Kondisi tenang ini telah terganggu setelah letusan besar hari ini, ”kata Pelin Depari, penduduk desa Gurukinayan.

Kepala Pemantauan Gunung Sinabung Post Armen Putera mengatakan letusan hari Jumat menunjukkan bahwa gunung itu masih memiliki tingkat aktivitas seismik yang tinggi. Dia mendesak warga untuk selalu waspada sepanjang waktu. Tidak ada laporan cedera atau kematian.

Gunung berapi, puncak tertinggi di Sumatera Utara, pertama kali meletus pada tahun 2010 setelah tidak aktif selama 400 tahun, dan tetap aktif sejak letusan mematikan pada tahun 2014 dan 2016 yang menewaskan sedikitnya 20 korban jiwa.


0 Komentar