Senin, 02 April 2018 09:34 WIB

Mendikbud Monitor Pelaksanaan UN di SMKN 6 Jakarta Lewat CCTV

Editor : Rajaman
Pelaksanaan UN Dimonitor Lewat CCTV (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Mendikbud Muhadjir Effendi memontior pelaksanaan UN di SMK Negeri 6 Jakarta. Muhadjir sempat memantau CCTV milik sekolah tersebut. 

Saat tiba Muhadjir langsung mengecek ruang ujian. Ia tak masuk ke ruang kelas karena khawatir akan mengganggu peserta ujian. 

Namun saat mengintip dari depan ruangan ujian, Muhadjir menanyakan Kepala Sekolah SMKN 6 Jakarta Aziza mengapa tidak ada pengawas. Kemudian Aziza menyebut telah ada CCTV di ruangan yang terhubung langsung ke ruangannya. 

"Kenapa tidak ada pengawasnya?" tanya Muhadjir, di SMKN 6 Jakarta, Jl Prof Joko Sutono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018).

"Sekarang sudah ada CCTV jadi tidak perlu ada pengawas pak, bapak mau lihat di ruangan saya ada CCTV yang bisa memantau ruang ujian," kata Aziza.

Kemudian Aziza menunjukan Muhadjir ke ruangannya. Di perjalanan dari ruang kelas ke ruangan Kepala Sekolah Muhadjir disambut guru pengawas yang memakai jilbab merah. Muhadjir lalu bersalam-salam dengan guru tersebut. 

Di ruangan Kepala Sekolah terdapat layar komputer yang menghubungkan CCTV dengan kelas. Muhadjir lalu bertanya mengapa monitor CCTV nya kecil. 

"Wah ini CCTV nya nggak canggih layarnya kecil," kata Muhadjir. 

Lalu Aziza menerangkan CCTV itu masih bisa dipantau dengan layar besar jika di klik ruangan yang dimau. Muhadjir lalu menanyakan jika ada CCTV tak perlu lagi ada pengawas. 

"Berarti kalau ada CCTV sudah tak perlu lagi ada pengawas," kata Muhadjir. 

Aziza lalu menerangkan di dalam kelas masih perlu ada pengawas untuk mengawasi siswa yang ke toilet. Selain itu pengawas ujian juga untuk mengawasi absen. 

"Tetap mesti ada pengawas kok pak kalau ada siswa yang ke toilet. Nanti pengawas juga untuk mengawasi absensi," kata Muhadjir. 

SMKN 6 Jakarta melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ada 260 peserta yang mengikuti UN di SMKN 6 Jakarta. 


0 Komentar