Kamis, 29 Maret 2018 07:54 WIB

Menag Pertanyakan Kosakata "Bangsat" Diucapkan Anggota DPR Ini

Editor : Rajaman
Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan memaki Kementerian Agama dengan kata 'bangsat' dalam Rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung M Prasetyo soal travel umrah bodong. Menteri Agama Lukman Saifuddin mempertanyakan kosakata yang digunakan Arteria.

"Meski memiliki hak imunitas, meski dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan, tapi apakah patut dan pantas seorang wakil rakyat yang terhormat menggunakan kosakata seperti itu yg dialamatkan ke Pemerintah (Kementerian Agama)?" kata Lukman dalam pesan singkat, Kamis (29/3/2018).

"Silakan rakyat menilai sendiri pilihan kosakata yang digunakan oleh salah seorang wakilnya itu," sambungnya.

MKD Tak Memproses

Terpisah, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR membela sikap Anggota DPR Arteria Dahlan menyasar kalimat itu kepada Menteri Agama (Menag).

"Ini kalau ngomong saya sebagai ketua MKD, saya bisa memaklumi kekesalan yang bersangkutan karena dia pernah ngomong loh di Kementerian Agama, ini soal hajat hidup orang banyak dan yang dia katakan itu kan dia tidak menuding satu orang," kata Ketua MKD DPR Sufmi Dasco Ahmad, Kamis (29/3/2018).

Dasco memahami bentuk kekesalan Arteria lantaran Kementerian Agama seolah membiarkan saja biro travel abal-abal terus beroperasi. Jika ada yang melaporkan Arteria, Dasco memastikan MKD tak akan memprosesnya. 

"Kalau itu kemudian dilaporkan saya pastikan kita nggak memproses," tegas Dasco. 

"Kalau ada anggota DPR yang begitu dan dia membela rakyat terus ada yang laporin, ya kita nggak akan memproses," imbuh Waketum Gerindra itu. 

Sebelumnya diberitakan, Arteria memaki Kemenag saat Komisi III DPR rapat bersama Jaksa Agung M Prasetyo. Rapat ini sempat menyinggung soal travel umrah bodong.

Arteria meminta kejaksaan tak hanya menginventarisir biro umrah bodong. Dia meminta kejaksaan ikut mencegah dan menindak. Saat itu, Arteria mengemukakan kekesalannya hingga akhirnya menyebut Kemenag dan orang yang ada di dalamnya 'bangsat'.

"Yang dicari jangan kayak tadi bapak lakukan inventarisasi, pencegahannya, Pak. Ini Kementerian Agama bangsat, Pak, semuanya, Pak!" tuding Arteria saat rapat di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Arteria mengaku pernah mengucapkan hal serupa ke Kemenag saat memprotes soal travel umrah. Dia mengaku tak terima jika masyarakat yang tertipu tawaran umrah murah dipersalahkan. Dia juga mempersalahkan Kementerian Pariwisata. 


0 Komentar