Minggu, 18 Maret 2018 23:16 WIB

Jerman Peringatkan AS Tidak Coba Membagi UE Dalam Perdagangan

Editor : Amri Syahputra
Menteri Perekonomian Jerman Peter Altmaier dilantik oleh Presiden Parlemen Wolfgang Schaeuble di majelis rendah parlemen Jerman Bundestag di Berlin, Jerman, 14 Maret 2018.

Berlin, Tigapilarnews.com - Pejabat tinggi pemerintah Jerman pada hari Minggu mengeluarkan peringatan kuat ke Amerika Serikat tentang bahaya untuk menjalankan kebijakan proteksionisme namun mengatakan bahwa mereka akan terus berupaya untuk mencegah rencana tarif baja dan aluminium AS.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier mengatakan kepada surat kabar Handelsblatt bahwa Washington tidak dapat membuat kesepakatan antara Jerman dan negara-negara Eropa lainnya dengan tarif impor, dan mengatakan perang dagang global akan merugikan produsen dan konsumen.

Altmaier, yang dijadwalkan tiba di Washington pada hari Senin, mengatakan bahwa dia telah mempersiapkan pertemuannya dengan pejabat AS dalam koordinasi yang erat dengan Komisaris Perdagangan UE Cecilia Malmstrom.

"Kami adalah serikat pabean dan bertindak bersama. Tidak mungkin bagi kepentingan pemerintah AS untuk membagi Eropa, dan ini juga tidak akan berhasil, "Altmaier, salah satu sekutu konservatif terdekat Kanselir Angela Merkel, mengatakan kepada surat kabar tersebut.

Menteri keuangan baru Olaf Scholz, anggota Demokrat Sosial, mitra junior di pemerintah koalisi Merkel, memperingatkan bahwa proteksionisme dapat membahayakan prospek pertumbuhan ekonomi dunia di masa depan.

Scholz mengatakan kepada wartawan dalam perjalanan ke pertemuan pertamanya menteri keuangan G20 di Argentina bahwa dia akan berbagi penolakan Jerman terhadap rencana tarif AS saat dia bertemu dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada hari Senin.

Pejabat Jerman dan UE lainnya mendesak keras rencana Presiden AS Donald Trump untuk memberlakukan bea masuk baja dan aluminium yang masuk, dan mengenakan pajak atas mobil-mobil Eropa kecuali Uni Eropa menghapus tarif dan hambatan perdagangan pada berbagai barang.

Merkel dan Presiden China Xi Jinping juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama multilateral dalam sebuah panggilan telepon, berjanji untuk mencari solusi atas kelebihan kapasitas di pasar baja dunia dalam kerangka G20.

Altmaier mengatakan kepada surat kabar bahwa Uni Eropa terbuka untuk membahas wilayah-wilayah tertentu di mana Amerika Serikat atau negara-negara lain merasa dirugikan. "Perdagangan bebas jelas tidak sempurna," katanya.


0 Komentar