Rabu, 14 Maret 2018 07:43 WIB

Pemerintah Diminta Tuntaskan Perekaman Data e-KTP dan Antisipasi Pemilih Pemula

Editor : Rajaman
Ilustrasi E-KTP. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria ingin pemerintah memastikan para pemilih telah melakukan perekaman data dan memperoleh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) demi kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

Ahmad Riza memaparkan hingga saat ini, Kementerian Dalam Negeri telah melakukan perekaman e-KTP sebesar 97,4 persen. 

"Kita minta bahwa dalam tahun ini sudah harus 100 persen perekaman data dan pemilih memiliki kartu tanda penduduk elektronik," kata Ahmad Riza, Rabu (14/3/2018).

Politisi Gerindra itu juga menekankan agar seluruh penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mengantisipasi para pemilih pemula dalam jumlah besar, yang akan menginjak usia 17 tahun pada hari pemungutan suara dilakukan. 

"Termasuk harus mengantisipasi pemilih pemula yang jumlahnya besar melebihi 10 juta pada hari pemungutan suara sudah berumur 17 tahun dan memiliki hak suara," ujarnya. 

Sebelumnya Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Dalam Negeri segera menuntaskan proses perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang belum sepenuhnya beres. 

Dengan begitu, masyarakat yang sudah mengantongi e-KTP bisa menggunakan hak pilih pada Pilkada Serentak 2018 yang digelar pada Juni mendatang.


0 Komentar