Jumat, 09 Februari 2018 16:06 WIB

Akuisisi Rel Kereta Api Berkecepatan Tinggi Akan Diselesaikan Bulan Maret

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilaarnews.com - Kementerian Keuangan mengatakan pembebasan lahan untuk kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung sepanjang 140 kilometer akan selesai bulan depan, setelah dinilai nilai lahannya.

Proyek infrastruktur yang berawal Januari 2016, telah mengalami penundaan yang lama yang disebabkan oleh kesulitan memperoleh lahan.

Menurut laporan, Deputi Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan di Jakarta pada hari Kamis bahwa penilaian diperlukan untuk menyelesaikan perolehan tiga bidang tanah yang telah dipersalahkan karena mengulur-ulur proyek tersebut.

Dia mengacu pada tanah di kawasan Halim, Jakarta Timur, tanah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan dan sebuah plot yang berada di bawah skema pertukaran lahan di Cimahi, Jawa Barat.

Mardiasmo mengatakan Direktorat Jenderal Aktiva Keuangan Kementerian Keuangan (DJKN) ditugaskan untuk menyelesaikan akuisisi tiga plot tersebut "DJKN akan menilai nilai masing-masing plot," katanya.

Pembebasan lahan telah menjadi isu utama dalam memindahkan proyek ke depan, dengan hanya 54 persen lahan yang dibuka untuk proyek tersebut.

Pada awal Januari, pemerintah mengatakan bahwa konsorsium China yang mendukung proyek tersebut telah menghentikan pencairan dana karena masalah yang belum diselesaikan mengenai pembebasan lahan untuk proyek tersebut, yang pada awalnya dijadwalkan selesai pada 2019.

Presiden Jokowi bahkan meminta reevaluasi ulang proyek tersebut, terutama mengenai apakah layanan HSR diperlukan untuk menghubungkan kedua kota yang dipisahkan hanya 240 kilometer.


0 Komentar