Selasa, 09 Januari 2018 10:01 WIB

Pakde Karwo: Masalah Keadilan Adalah Urusan Pemerintah Yang Utama

Editor : Amri Syahputra

Batu, Tigapilarnews.com - Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo mengingatkan bahwa tugas pemerintah yang pertama adalah mengurus masalah keadilan.

Hal ini disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, saat memberi sambutan usai menyaksikan serah terima jabatan Walikota dan Wakil Walikota Batu di Gedung DPRD Kota Batu, Senin, 8/1.

Menurutnya, masalah keadilan menjadi tugas pemerintah. Sedang masalah keamanan dan kriminal menjadi tugas TNI dan Polri. Tapi untuk masalah keadilan adalah yang harus ngurus itu pemerintah.” Jadi jangan dibiarkan yang kecil kalah dalam bertarung dengan yang besar, Ya pasti kalah. Untuk itu, yang kecil harus diurus pemerintah dan yang besar difasilitasi,” tegas Pakde Karwo.
 
Pakde Karwo mengatakan, tugas pemerintah adalah memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Agar kesejahteraan bisa terwujud maka keadilan harus diurus lebih dulu. Caranya, yang kecil harus diutamakan dan diberdayakan serta dibantu agar mereka bisa dan mampu berkarya. Kalau sudah bisa berkarya, pasti mereka bisa hidup dan berkembang , dan yang besar difasilitasi sehingga mereka sama-sama bisa hidup berdampingan dan berkembang dengan baik.

Gubernur Jatim juga meminta Pemerintah Kota Batu harus mempunyai komitmen terhadap proses pembangunan berkelanjutan yaitu yang baik harus dilanjutkan. Jangan sampai program pembangunan itu bongkar semua dan membuat program baru semua, tidak mengindahkan program pembangunan yang lama meskipun itu bagus. “ Jadi harus ada kesinambungan, yaitu yang baik dilanjutkan dan yang kurang baik diganti dengan program pembangunan yang baru,” jelas Pakde Karwo.

lanjut Pakde Karwo, menegaskan bahwa pemegang otoritas keuangan itu ada pada walikota bukan di wakil walikota. Untuk itu harus segera dibicarakan dengan DPR mengenai rencana program pembangunan dengan baik dan transparan.

Pengelolaan keuangan harus benar-benar transparan. Apalagi saat ini proses perencanaannya juga sudah online melalu program E-Budgeting.

Menyinggung, komitmen RPJMD Kota Batu dengan Nawa Bhakti ( Pembangunan berkelanjutan) yaitu membangun Batu dari pinggiran yaitu dengan Desa Berdaya dan Kota Berjaya , Pakde Karwo menyarankan, membangun daerah itu selain menggunakan budaya juga ada satu hal yang paling penting dan menjadi dasar dalam keberhasilan pembangunan yakni spiritual. Karena dengan landasan agama yang kuat insyaallah semua akan menjadi baik dan berjalan lancar.

Selain agama, tokoh masyarakat juga dilibatkan dan diajak berdiskusi atau musyawarah. Dengan ngumpul bareng dan membicarakan rencana program pembangunan yang akan dibuat pasti hasilnya kan jauh lebih baik dan bagus dari pada hasil yang dipikirkan sendiri. Sebab, hasil pikiran kita itu belum tentu bisa diterima oleh orang lain. baik menurut kita belum tentu baik juga menurut orang lain.


0 Komentar