Selasa, 17 Oktober 2017 07:01 WIB

Anies-Sandi Diharapkan Genjot Ekonomi Kreatif di Jakarta

Editor : Rajaman
Anies Sandiaga-Sandiaga Uno Pasca Dilantik oleh Presiden (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan, kota Jakarta dibawa kendali Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur pasca dilantik diharapkan menggarap ekonomi kreatif yang serius bagi Ibukota selama lima tahun kedepan.

Menurut dia, Jakarta merupakan provinsi yang terendah di Pulau Jawa dalam ekspor ekonomi kreatif.

"DKI Jakarta itu provinsi terendah se Jawa dalam hal ekspor ekonomi kreatifnya tahun 2016 hanya 10,50 persen, " ujar Anang dalam keterangan pers, Selasa (17/10/2017).

Semestinya, kata Anang, DKI Jakarta secara peluang dan potensi jauh lebih besar dibanding provinsi lainnya khususnya di Jawa seperti Jabar (33,56%), Jatim (20,58%), Banten (15,66%) dan Jateng) 14,02%). "DKI Jakarta itu ibukota negara, dari segi fasilitas infrastruktur dan rentang kendali dengan pemerintah pusat cukup dekat. Tapi cukup ironi, rangkingnya terendah se Jawa," ungkap Anang.

Politikus PAN ini juga mendorong Anies-Sandi dalam lima tahun ke depan dapat menggenjot urusan ekonomi kreatif di Jakarta. Ia meminta urusan seni pertunjukan harus digarap secara serius. 

"Banyak yang bisa digali di Ibukota seperti soal seni pertunjukan, musik, film, desain, kuliner dan subsektor ekonomi kreatif lainnya​. Jakarta itu etalase Indonesia," ujar Anang.

Di bagian lain, Anang juga mendorong pemerintahan baru di DKI Jakarta juga memikirkan sektor budaya seperti revitalisasi museum, cagar budaya, kota tua, dan tempat berbasis budaya di Jakarta. "Jakarta harus tumbuh modern dengan berbasis budaya lokal yang kuat. Anies-Sandi harua mewujudkan itu," harap Anang


0 Komentar