Kamis, 03 Agustus 2017 08:54 WIB

Presiden Filipina Sebut Kim Jong-un Bodoh

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menyebut pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un sebagai orang bodoh dan juga brengsek, karena terus mengejar ambisi nuklir.

Pernyataan Duterte ini muncul beberapa hari jelang pertemuan ASEAN di Manila, dimana isu nuklir Korut akan menjadi salah satu pembahasan utama.


Duterte menyatakan, Jong-un benar-benar bodoh karena mencoba memainkan sebuah mainan yang sangat berbahaya, dalam hal ini adalah nuklir. Menurutnya, jika Jong-un melakukan sedikit kesalahan, maka dampaknya akan sangat buruk bagi kawasan.

"Kim Jong Un adalah orang bodoh, dia bermain dengan mainan berbahaya, itu adalah hal yang sangat bodoh. Wajah gemuk yang terlihat baik, brengsek. Jika dia melakukan kesalahan, wilayah Timur Jauh akan menjadi tanah gersang, harus dihentikan, perang nuklir ini," ucap Duterte.

"Konfrontasi terbatas dan itu akan meledak di sini, saya akan memberitahu Anda, dampaknya bisa menghabiskan tanah, sumber daya, dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (02/08/2017).

Ini bukan pertama kalinya Duterte mengkritik Jong-un atas ambisi nuklirnya. Pada bulan April dia mempertanyakan kewarasan Jong-in, dan mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menahan diri dan tidak memakan umpan oleh orang yang "ingin mengakhiri dunia".

Sementara itu, Menteri Luar Neger AS, Rex Tillerson, yang dijadwalkan menghadiri pertemuan di Manila, pada hari Selasa mengatakan  dia ingin berdialog dengan Korut suatu saat nanti. Dia juga menekankan bahwa AS bukan musuh, dan mereka tidak berusaha untuk menjatuhkan rezim tersebut.(exe/ist)