Rabu, 02 Agustus 2017 11:55 WIB

Belasan Bangunan Liar di Kali Cakung Drain Dibongkar

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
17 bangunan liar dibibir Kali Cakung Drain, Cilincing, Jakarta Utara, ditertibkan sejumlah anggota gabungan. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 17 bangunan liar dibibir Kali Cakung Drain, Cilincing, Jakarta Utara, ditertibkan sejumlah anggota gabungan, Rabu (2/8/2017). 

Tidak ada perlawanan yang dilakukan warga selaku pemilik rumah, namun rencana bibir kali tersebut akan dirapihkan dan dibangun sejumlah dermaga kecil untuk para nelayan ikan tradisional.

Terpantau, sebuah alat berat langsung merubuhkan bangunan liar yang berada dibibir Kali Cakung Drain. Bangunan yang terbuat dari kayu dan triplek langsung dirubuhkan alat berat.

Personel Tigapilar yang terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP ketika penertiban berlangsung, terus mengawasi. Tak hanya itu, sejumlah pasukan oranye pun bantu melakukan pengangkutan puing-puing hunian warga liar tersebut.

"Sebelumnya, kami sudah melakukan sosialisasi ke pemilik bangunan. Suasana aman dan kondusif," kata Lurah Cilincing, Sugiman di lokasi penertiban.

Walau bangunan tidak mencapai ratusan lebih, Sugiman meyakini, bila tidak segera dilakukan pembongkaran bangunan ditakutkan hunian di pinggir Kali Cakung Drain di Kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) itu bisa terus bertambah jumlahnya.

"Memperkumuh Kali Cakung Drain jikalau tidak segera dibongkar karena memang peraturan di Jakarta kan tidak boleh ada bangunan di bibir Kali. Sehingga nanti, dilakukan pengawasan di sini agar warganya tidak lagi dirikan bangunan di pinggiran kali," ungkapnya.

Sugiman mengatakan, usai menertibkan bangunan liar ini, rencana akan dibangun sejumlah dermaga untuk para nelayan ikan tradisional. Namun, ia belum tahu kapan pembangunan itu dilakukan. "Rencananya akan dibangun dermaga," tandasnya. 


0 Komentar