Kamis, 06 Juli 2017 22:25 WIB

Bepe Masuk Ikon Sepak Vola Asia versi AFC

Editor : Yusuf Ibrahim
Bambang Pamungkas. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sosok Bambang Pamungkas rupanya tak cuma dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Pemain yang akrab disapa Bepe tersebut ternyata juga mencuri perhatian para pecinta sepak bola dari berbagai negara di Benua Asia.

Hal itu terbukti saat Bepe masuk ke daftar ikon sepak bola Asia versi AFC. Induk organisasi sepak bola Asia tersebut menganggap stiker 37 tahun itu sebagai sosok yang memberikan pengaruh besar terhadap industri olahraga ini khususnya Timnas Indonesia.

"Dibanding pemain lainnya, Bambang Pamungkas telah bermain lebih lama dan mencetak banyak gol untuk Indonesia," tulis pernyataan di situs resmi AFC.

"Banyak yang menganggapnya sebagai striker terbaik di Tim Garuda dan dia dipandang terhormat di tanah airnya sehingga terpilih sebagai pembawa bendera Olimpiade 2012 London. Itu menjadi subjek yang layak dalam edisi pemilihan ikon Asia," jelas pernyataan tersebut.

Sejauh ini Bepe tercatat sebagai pemain yang paling sering memperkuat Timnas Indonesia. Ia telah mengukir 85 penampilan dan dari kesempatannya itu mampu mencetak 37 gol.

Di level klub, Bepe sudah menjadi legenda Persija Jakarta. Meski sempat pindah ke EHC Hoensbroek Norad (Belanda), Selangor FA (Malaysia) dan Pelita Bandung Raya (sekarang Madura United FC), Bepe tetap mendapat tempat di hati ribuan Jakmania, sebutan untuk kelompok suporter Persija Jakarta.

Dalam daftar ikon Asia, Bepe sejajar dengan pemain-pemain bintang lainnya. Di daftar ini AFC juga mencatumkan nama Hidetoshi Nakata (Jepang), Shinji Kagawa (Jepang), Ali Karimi (Iran), Sami Al Jaber (Arab Saudi), Fan Zhiyi (China) dan Hao Haidong (China).(exe/ist)


0 Komentar