Jumat, 30 Juni 2017 16:33 WIB

Memimpikan Kualitas Udara Baik, Pemprov DKI Berharap Kendaraan Pribadi dan Umum Pasang Converter Kit

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hendrik Simorangkir
Kepala DLH DKI Jakarta, Isnawa Adji. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Beberapa hari ini ada pemandangan berbeda saat melihat Jakarta. Kemacetan hingga kualitas udara yang kurang baik pada hari biasa, mendadak sirna saat musim mudik ldul Fitri 1438 Hijriah.

Hal tersebut, sangat didambakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berbicara tentang kualitas udara, Pemprov sangat berharap agar kendaraan baik pribadi atau angkutan umum dapat menggunakan converter kit untuk mengganti bahan bakar bensin menjadi gas.

"Rencana ini sudah lama. Kita memang ingin nantinya seluruh mikrolet menggunakan converter kit. Dan ini sudah kita bicarakan dengan BUMD yang ada seperti Jakpro dan PGN," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI, Isnawa Adji, Jumat (30/6/2017).

Menurutnya, penyumbang polusi di Jakarta terjadi karena banyaknya kendaraan angkutan umum tidak lakukan uji emisi. Maka dari itu, penggunaan converter kit dapat dikategorikan murah oleh pengemudi.

"Tetapi harus disadari keberadaan SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) masih sangat minim. Itu menjadi tantangannya," pungkasnya.

Pemprov DKI juga akan membuat kendaraan operasional seperti truk pengangkut sampah dan kendaraan dinas menggunakan converter kit.


0 Komentar