Jumat, 30 Juni 2017 16:01 WIB

Kemenkominfo Pantau Penyebaran Virus Petya di Indonesia

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Rajaman
Rudiantara (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Belum lama Indonesia di teror dengan adanya virus Ransomware Wanancry menyerang skala global dari data hingga privasi setiap perkantoran pada 13 Mei 2017 lalu.

Saat ini virus bernama Petya juga digadang-gadang sebagai adik dari ransomware Wanancry. Maka dari itu, pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang berupaya untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Pemerintah terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus PETYA ini di Indonesia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat jumpa pers di Bakoel Coffe, Jumat (30/6/2017).

Menurutnya, notifikasi telah dikeluarkan oleh ID-SIRTII (organisasi yang dijawab oleh Kementerian Kominfo untuk menangani insiden seperti serangan siber).

"Kepada para mitra yang bekerjasama seperti penyelenggara jasa akses Internet, Penyelenggara NAP, dan juga kepada Kementerian/Lembaga serta pelaku pelayanan publik di sektor strategis, antara lain sektor telekomunikasi, sektor keuangan, sektor transportasi dan daya dukung transportasi dan sektor ESDM," katanya.

Rudiantara meminta masyakarat memiliki komputer melakukan antisipasi serangan PETYA, sebelum mengaktifkan komputernya, agar melakukan back up data.


0 Komentar