Kamis, 29 Juni 2017 19:36 WIB

Militer Irak Deklarasikan Kemenangan atas ISIS di Mosul

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi militer Irak. (foto istimewa)

MOSUL, Tigapilarnews.com - Tentara Irak telah mendeklarasikan kemenangan atas ISIS di Mosul. Hal ini disampaikan tentara Irak setelah mereka berhasil merebut kembali Masjid Agung al-Nuri, yang merupakan simbol Mosul. 

Masjid Agung al-Nuri adalah tempat dideklarasikannya kekhalifan ISIS tiga tahun lalu, dimana Abu Bakar al-Baghdadi menjadi pemimpinnya. Direbutnya Mesjid ini menjadi simbol bahwa ISIS telah kalah di Irak.

"Negara fiktif mereka telah jatuh," kata juru bicara militer Irak, Brigadir Jenderal Yahya Rasool dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh televisi Irak, seperti dilansir Reuters, Kamis (29/6/2017).

Meski tentara Irak telah mendeklarasikan kemenangan atas ISIS, sejatinya pertempuran masih berlanjut. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu diketahui masih menguasai beberapa daerah di kota Mosul lama.

Otoritas Irak mengharapkan pertempuran tersebut akan berakhir dalam beberapa hari. Perdana Menteri Haider al-Abadi telah mengeluarkan instruksi untuk mengakhiri pertempuran tersebut sesegera mungkin. (ist)


0 Komentar