Kamis, 29 Juni 2017 00:24 WIB

Pengguna Tol Diingatkan Hindari Puncak Arus Balik

Editor : Yusuf Ibrahim
Transaksi pembayaran manual di gerbang tol. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas Marga Sedaya (LMS) mengingatkan pengguna jalan tol menghindari perjalanan saat waktu puncak arus balik Lebaran 2017 yang diprediksi Sabtu (01/07/2017) dan Minggu (02/07).

"Para pengguna tol tidak melakukan perjalanan balik dalam waktu bersamaan, terutama pada Sabtu dan Minggu, harus diatur waktunya terlebih dahulu," kata Direktur Operasional LMS, Rinaldi di Cirebon, Jabar, Rabu (28/06/2017).

Dia melanjutkan sebaiknya para pengguna memilih hari lainnya seperti Rabu (28/06) dan Kamis (29/06) untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, pengguna jalan tol Cipali juga sebaiknya menggunakan kartu uang elektronik (e-payment) untuk bertransaksi di gerbang tol sehingga akan memperlancar antrean saat pembayaran. 

"Diharapkan pengemudi menyiapkan e-payment dengan saldo yang cukup saat arus balik ke arah Jakarta, sehingga dapat mempercepat transaksi demi kelancaran arus lalu lintas di tol Cipali," tutur Rinaldi.

Jika memang tidak menggunakan uang elektronik, dia mengimbau pengemudi menyiapkan uang pas Rp55.500 khususnya untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Kaligangsa atau GT Brebes Timur sebelum masuk tol Cipali, melalui GT Palimanan Utama, karena tidak ada pembulatan tarif. 

Meski demikian, guna mempercepat transaksi yang menggunakan tunai, LMS juga menjual "voucher" pengganti uang tunai dengan tarif normal Rp55.500 sebelum gardu tol oleh petugas JKR dengan identitas LMS.

"Pengemudi yang hendak balik ke arah Jakarta, sebaiknya juga memastikan terlebih dahulu BBM di kendaraannya agar terisi penuh, hal ini untuk mengantisipasi antrean panjang di SPBU tempat istirahat," katanya.(exe/ist)


0 Komentar