Rabu, 28 Juni 2017 22:02 WIB

UEA akan Jatuhkan Sanksi Tambahan pada Qatar

Editor : Yusuf Ibrahim
Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Rusia, Omar Ghobash. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Rusia, Omar Ghobash, menyatakan pihaknya mungkin akan menjatuhkan sanksi tambahan kepada Qatar.

Dia menyebut, sanksi itu bisa dijatuhkan jika Qatar tidak memenuhi tuntutan yang disampikan UEA, Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir.

"Jika Qatar tidak bersedia menerima tuntutan tersebut, ini adalah kasus 'selamat tinggal Qatar' kami tidak membutuhkan Anda di tenda kami lagi. Posisi mereka hari ini tetap tidak konsisten dengan menjadi anggota GCC, karena ini adalah organisasi keamanan dan pertahanan yang sama. Ada sanksi ekonomi tertentu yang bisa kita ambil yang sedang dipertimbangkan saat ini," kata Ghobash.

"Salah satu kemungkinannya adalah untuk menerapkan kondisi pada mitra dagang kita sendiri, dan mengatakan jika mereka ingin bekerja dengan kami, maka mereka harus membuat pilihan komersial," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (28/06/2017).

Ghobash kemudian mengatakan, daftar tuntutan juga menunjukkan fakta UEA memaksakan standar yang sama pada diri sendiri.

Dia menyebut, pihaknya meminta pemantauan transaksi keuangan Qatar dan pendanaan terorisme, maka UEA juga akan terbuka terhadap gagasan yang sama. 

"Ini bukan bullying. Ini menuntut standar yang lebih tinggi di seluruh wilayah. Kami tidak punya apa-apa untuk disembunyikan, sehingga kami bersedia memenuhi standar yang sama dengan yang diminta Qatar. Barat secara tradisional mengeluhkan kurangnya transparansi keuangan di wilayah ini dan harus ada sejumlah besar yang bisa dilakukan Barat untuk memantau apa yang sedang terjadi," ungkapnya.(exe/ist)


0 Komentar