Kamis, 22 Juni 2017 08:57 WIB

Puncak Arus Mudik Terjadi di Pelabuhan Bolok

Editor : Yusuf Ibrahim
Puncak arus mudik di Pelabuhan Bolok, Kabupaten Kupang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- General Manager PT Indonesia Fery Cabang Kupang, Burhan Zahim, mengatakan jika Kamis (22/06/2017) merupakan puncak arus mudik di Pelabuhan Bolok, Kabupaten Kupang, menuju Pelabuhan Fery Aimere Flores dan Pelabuhan Waikelo Sumba.

"Puncak arus mudik hari ini terutama sangat tampak dan padat merayap pada lintasan Kupang--Aimere dan Kupang--Aimere--Waikelo Sumba Barat," katanya kepada Antara di Kupang, Kamis (22/06/2017).

Ia mengatakan kepadatan penumpang ini wajar terjadi karena pada lintasan ini hanya dilalui sarana transportasi Fery pada sekali dalam seminggu yaitu hari Kamis dalam sepekan.

Apalagi katanya pada hari ini juga merupakan hari pertama libur Lebaran 2017, sehingga banyak penumpang dari Kupang memilih pulang kampung halaman menggunakan kapal Fery terutama yang berasal dari Kabupaten Ngada, Kabupaten Airmere, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Manggarai bahkan Kabupaten Manggarai Barat di ujung Barat Pulau Flores.

"Ini momentum yang tepat bagi pemudik sehingga terjadi lonjakan yang luar biasa, meskipun masih dapat di atasi, sehingga semuanya diharapkan dapat berlayar dengan aman dan selamat hingga ke tujuannya," kata dia.

Apabila tidak terangkut semuanya pada hari ini, kata dia maka pihak manajemen akan melakukan pelayaran ekstra dengan kapal fery lainnya sampai semua penumpang terangkut semuanya.

"Pada prinsipnya PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang telah menyatakan siap memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang mudik Lebaran tahun ini, sehingga berbagai cara akan ditempuh untuk menyalurkan semua penumpang bersama kendaraan dan barang bawaannnya," katanya.

Khusus untuk kendaraan dan barang bawaan pemudik lainnya, pihak manajemen akan mengatur untuk mengutamakan penumpang (manusia) ketimbang barang.

Pihaknya memperkirakan selama arus mudik Lebaran 2017, peningkatan jumlah penumpang kapal di lintasan Kupang--Alor, Kupang--Waibalun dan Kupang -- Aiemre lalu lanjut Waekelo Sumba Barat.(exe/ist)


0 Komentar