Selasa, 20 Juni 2017 16:31 WIB

Perluas Layanan, BPJS Ketenagakerjaan Rangkul Bank Bukopin

Editor : Hendrik Simorangkir
BPJS-TK (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Setelah sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BJB dalam melakukan layanan Service Point Office (SPO), saat ini Bank Bukopin turut bergabung menjadi salah satu jaringan SPO BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan PT Bank Bukopin Tbk oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif dan Direktur Komersial Bank Bukopin, Mikrowa Kirana, di Recruitment & Training Center Bank Bukopin.

"SPO merupakan kerja sama mutualisme antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pihak perbankan dalam memberikan layanan kepada peserta dan calon peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Krishna di Menara Sentraya, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Melalui kerja sama ini, pekerja ataupun perusahaan dapat mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui outlet Bank Bukopin. Selain itu, Bank Bukopin juga melayani pembayaran iuran bulanan peserta, bahkan pelayanan pengambilan klaim JHT, tentunya mengacu pada ketentuan yang berlaku di BPJS Ketenagakerjaan.

"Kerja sama ini akan sangat membantu pelayanan kami, jadi jika cabang kami tidak terjangkau, peserta bisa datang ke Bank yang telah bekerja sama seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BJB, dan ditambah sekarang dengan Bank Bukopin," ungkapnya.

Penandatanganan MoU ini merupakan wujud nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pekerja yang tersebar di seluruh Indonesia dalam mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (Jkm) sesuai amanah Undang-Undang (UU).

"Kami harap kerja sama ini juga untuk memperluas jaringan penyebaran informasi tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan," kata Krishna.

Hal serupa juga diungkapkan Mikrowa Kirana, Bank Bukopin tidak ingin hanya bisa melayani dalam pembayaran saja. Namun juga bisa menjaring kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah.

Diharapkan proses ini dapat berjalan lancar dan SPO Bank Bukopin dapat beroperasi penuh pada bulan Agustus 2017 di 17 unit kerja yang ada di Wilayah DKI dan kedepannya akan menyusul di seluruh unit kerja Bank Bukopin yang ada di Indonesia sebanyak 70.

"Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat menjalankan optimalisasi pelayanan kepada peserta maupun calon peserta," pungkas Kirana. 


0 Komentar