Jumat, 16 Juni 2017 16:55 WIB

Perketat Keamanan Stasiun, PT KAI Libatkan Anjing Penjaga

Reporter : Evi Ariska Editor : Danang Fajar
Ilustrasi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Guna menjaga keamanan penumpang di lingkungan stasiun kereta api jelang masa angkutan lebaran, PT KAI memperkuat sistem keamanan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan bantuan keamanan unit K9 (anjing penjaga) dari Polda Metro Jaya. 

Sebanyak empat unit K9 ini akan berpatroli di sekitar Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang menjadi pusat keberangkatan para penumpang kereta api jarak jauh atau menengah dari wilayah Jakarta ke sejumlah daerah seperti Jawa Barat (Bandung dan Cirebon),  Jawa Tengah (Semarang,  Purwokerto, Jogyakarta dan Solo),  dan Jawa Timur (Surabaya, Malang dan Madiun). 

"Itu untuk mengantisipasi terhadap aksi-aksi yang tidak diinginkan, untuk lebaran ini kita diperkuat dengan 4 unit k9, kita operasionalkan digambir dua unit, di stasiun senen dua unit," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto saat dihubungi, Jumat (16/6/2017).

Tak hanya mengamankan stasiun Gambir dan Pasar Senen, pihaknya juga akan mengamankan 107 stasiun yang berada di wilayahnya (batas wilayahnya dari Cikampek, Tanjung Priok,  Merak hingga Sukabumi), pihak PT KAI Daop 1 di masa angkutan lebaran ini akan melibatkan tenaga keamanan sebanyak 1.145 personil, yang terdiri dari BKO TNI / Polri sebanyak 266 personil dan petugas Keamanan internal PT KAI Daop 1 Jakarta sebanyak 879 personil.  Dimana petugas dari pihak PT KAI Daop 1 terdiri dari tenaga Polsuska 243 personil dan PKD 636 personil. 

Tenaga keamanan dari unsur TNI dan Polri sendiri,  terdiri dari Garnisum 20 personil,  Polda Metro jaya 134 pesonil,  Polda Jabar 56 personil dan Polda Banten 56 personil. 

Nantinya tenaga keamanan ini akan tersebar sebagai tenaga keamanan stasiun 214 personil,  tenaga keamanan jalur KA 44 personil dan personil pawang K9 (keamanan menggunakan anjing) 8 personil. 


0 Komentar