Rabu, 14 Juni 2017 13:37 WIB

Djarot: 40 Persen Angkutan Lebaran Tak Laik Jalan

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Setelah melakukan ramp check terhadap angkutan umum yang akan digunakan saat mudik, terhitung hanya 60 persen yang dipastikan laik jalan, hal itu diungkapkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Sementara itu, bus yang laik jalan akan ditempelkan stiker khusus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan 40 persen diantaranya terhitung tak laik jalan.

"Masih 60 persen laik jalan. 40 persen masih belum laik jalan. Yang belum laik ini akan diperbaiki dicek sampai H-10. Nah ini besok harus betul-betul laik jalan. Kalau memang enggak laik jalan langsung dicoret, dicabut tidak boleh jalan, tidak boleh berangkat," ujar Djarot di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2017).

Sehingga jika hasil ramp check menyatakan bus tersebut masih belom laik jalan dalam waktu yang diberikan, maka bus dan Perusahaan Otobus (PO) diberikan sanksi tegas.

"Termasuk juga dikasih peringatan kepada PO-nya. Keselamatan penumpang salah satunya tergantung dari tadi kelaikan kendaraan," ungkapnya.

Hal itu membuat Mantan Walikota Blitar ini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar memperhatikan keberadaan stiker khusus laik jalan yang diberikan Kemenhub jika ingin mudik menggunakan angkutan umum.

"Kalau masih ada bus yang enggak pakai stiker‎ dan dia jalan berarti itu tidak direkomendasikan dan kita tidak bertangungjawab," tandasnya.


0 Komentar