Sabtu, 03 Juni 2017 13:31 WIB

Kamis Pekan Depan, Pansus Janjikan RUU Pemilu Rampung

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Achmad Badowi (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota Pansus RUU Pemilu, Achmad Baidowi menargetkan Kamis (8/6/2017) mendatang rumusan aturan dasar Pemilu 2019 rampung.

Termasuk pengambilan keputusan atas lima isu krusial sebelumnya sempat alot. Adapun, lima isu krusial tersebut meliputi ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), ambang batas parlemen (parliamentary threshold), alokasi kursi per dapil, metode konversi suara, dan sistem pemilu.

"Paling telat Kamis ada keputusan di level Pansus. Baru dibawa ke paripurna," kata Anggota Pansus RUU Pemilu Achmad Baidowi dalam acara diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2017).

Terlepas dari itu, Anggota Komisi II DPR itu mengakui alotnya pembahasan lima isu krusial lantaran masing-masing fraksi mempunyai lobi-lobi khusus dengan petinggi partai politik.

"Tidak menutup kemungkinan penyelesaian juga melibatkan lobi-lobi dan itu lumrah dalam pembahasan RUU Pemilu melibatkan parpol," tutur Baidowi yang juga politikus PPP ini.

Meski begitu, Ia tetap yakin pansus RUU Pemilu dapat segera merampungkan rumusan demi peningkatan kualitas pemilu yang lebih baik.


0 Komentar