Kamis, 11 Mei 2017 08:12 WIB

CIA Bentuk Pusat Misi di Korsel

Editor : Yusuf Ibrahim
Direktur CIA, Mike Pompeo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Badan intelijen Pusat Amerika Serikat (AS), CIA, mengumumkan pembentukan sebuah pusat misi di Korea Selatan (Korsel).

Pusat misi ini akan memanfaatkan sumber daya penuh, kemampuan dinas intelijen AS dalam tujuan lain untuk melawan ancaman Korea Utara (Korut).

"Badan Intelijen Pusat (CIA) telah membentuk Pusat Misi Korea untuk memanfaatkan sumber daya, kemampuan, dan otoritas penuh Badan tersebut dalam menangani ancaman rudal nuklir dan balistik Korut," bunyi lengkap pernyataan tersebut seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (11/05/2017).

Pernyataan itu juga menyatakan CIA telah menunjuk seorang perwira operasi veteran untuk menjadi asisten direktur di Korsel dan mengawasi operasi di pusat misi baru tersebut.

"Menciptakan Pusat Misi Korea memungkinkan kita untuk mengintegrasikan dan mengarahkan usaha CIA secara sungguh-sungguh melawan ancaman serius terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya yang berasal dari Korut," jelas Direktur CIA, Mike Pompeo, menurut pernyataan tersebut.

Pompeo melakukan kunjungan mendadak ke Korsel awal bulan ini untuk pembicaraan mengenai ancaman Pyongyang.

Korut telah melakukan sejumlah uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik. Hal ini mendorong AS untuk mengirim armada kapal perang, memulai penyebaran sistem pertahanan THAAD di Korsel dan mengancam mengambil tindakan militer terhadap Pyongyang.

Tes rudal paling baru ini diduga terjadi pada bulan Mei ini. Jepang, Korsel dan AS mengatakan bahwa tes tersebut tampaknya telah gagal saat rudal tersebut meledak saat diluncurkan.(exe/ist)


0 Komentar