Jumat, 05 Mei 2017 16:02 WIB

Ini Pemicu Ratusan Napi di Lapas Pekanbaru Kabur

Editor : Sandi T
Ratusan napi Lapas di Pekanbaru kabur. (ist)

PEKANBARU, Tigapilarnews.com - Polda Riau menyatakan bahwa insiden kaburnya ratusan narapidana dan tahanan di Rumah Tahanan Klas IIB Kota Pekanbaru, Riau, kuat dugaan karena dipicu ketikdakpuasan terhadap kondisi dan pelayanan ditempat itu.

Pemicu tersebut mendorong tahanan dan narapidana menggelar unjuk rasa dan mendobrak pintu gerbang Rutan setinggi tiga meter untuk melarikan diri, Jumat (5/5/2017).

"Ratusan napi unjuk rasa lakukan kekerasan dengan tiang jemuran mendobrak salah satu pintu," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru.

Dia mengatakan bahwa para napi dan tahanan berunjuk rasa karena dianggap pelayanan Rutan tidak maksimal. Dari data Polda Riau, sekitar 200-an napi dan tahanan berhasil kabur.

Sebelum kabur para napi sempat melempar batu keluar pagar, namun kata Guntur saat ini situasi sudah kondusif.

Untuk saat ini pihak kepolisian tingkat resor dan sektor di seluruh Pekanbaru dikerahkan untuk menangkap tahanan yang kabur. Untuk di Rutan sendiri saat ini diturunkan dua satuan setingkat kompi Brimob Polda Riau atau sekitar 200 personel.

"Ada beberapa silih berganti ditangkap, petugas lakukan penyisiran untuk menangkap para napi," imbuhnya.

Dalam upaya pencarian dikatakan memang ada napi yang merampas sepeda motor warga. Ada yang parkir diambil dan juga ada dirampas. Terkait adanya upaya penyanderaan oleh tahanan belum diketahui.

Polisi mengimbau warga waspada terkait kaburnya ratusan tahanan. Polisi meminta meminta untuk berkoordinasi dengan kepolisian terdekat apabila menemukan atau melihat orang yang mencurigakan.

Saat ini polisi masih melakukan pengejaran dan 17 sudah diamankan oleh Kepolisian Sektor Tenayan Raya. Selain itu juga ada tiga orang diamankan Polsek Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan.

sumber: antara


0 Komentar