Minggu, 23 April 2017 12:59 WIB

Komnas PA Desak Gubernur DKI Terpilih Harus Beri Perlindungan Terhadap Anak

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hendrik Simorangkir
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait berharap dengan terpilihnya Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru, dapat berperan secara aktif dalam memberikan bentuk perlindungan anak secara menyeluruh.

"Indikator keberhasilan yang dapat diukur dalam menatap Jakarta lebih baik seperti memberikan hak sipil anak untuk mendapatkan akta lahir, berkurangnya jumlah anak jalanan yang terpaksa hidup dan bekerja di jalanan, berkuranginya anak putus sekolah, dan terbebasnya anak dari belenggu narkoba," ujar Arist, Minggu (23/4/2017).

Arist menuturkan, hal tersebut harus dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang baru, karena Jakarta telah dinobatkan oleh Presiden RI sebagai Kota Layak Anak (KLA) sejak Juli 2015.

"Jadi tidak ada alasan bagi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masa kepemimpinannya, ini menjadi ujian apakah peduli dan berpihak pada anak atau justru sebaliknya abai terhadap hak anak dan lebih fokus pada kerja-kerja menjawab kepentingan politik dan ekonomi," ungkapnya. 

Selain itu, ada beberapa target yang harus dicapai oleh pemimpin Ibulkota terpilih, untuk menujukan kepada dunia bahwa Jakarta sebagai barometer perlindungan anak.

"Komnas Anak akan terus melakukan desakan dan pengawalan agar janji-janji politik dan komitmen untuk melindungi anak di masa kampanye dan debat di implementasikan dengan baik," pungkasnya.


0 Komentar