Kamis, 30 Maret 2017 13:20 WIB

1 April 2017, PT KCJ Operasikan 898 Perjalanan KRL Per Hari

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hermawan
Dirut PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, saat konferensi pers di kantornya, Stasiun Juanda, Jakpus, Kamis (30/3/2017). Foto: Yanti.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT KAI Commuterline Jabodetabek (KCJ) akan memberlakukan jadwal baru perjalanan KRL Jabodetabek per 1 April 2017.

Pada awal April 2017, PT KCJ secara bertahap akan mengoperasikan sebanyak 898 perjalanan KRL per hari.

Langkah menambah perjalalanan KRL Jabodetabek ini menyusul Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemehub).

"Jumlah tersebut bertambah dibanding saat ini, di mana setiap harinya beroperasi 886 perjalanan KRL," kata Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, saat konferensi pers di kantornya, Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Lebih lanjut, Fadhila menjelaskan penambahan perjalanan paling banyak terdapat di lintas Tanah Abang - Serpong/Parung Panjang/Maja/Rangkasbitung (PP).

Hal ini sejalan dengan perpanjangan relasi KRL Jabodetabek hingga Rangkasbitung yang akan menggantikan slot perjalanan kereta api lokal.

"Jumlah perjalanan KRL di lintas ini akan mencapai 186 perjalanan setiap harinya, sementara sebelumnya hanya ada 151 perjalanan," jelasnya.

Sementara itu, jumlah perjalanan KRL lintas Bogor/Depok - Jakarta Kota (PP) dan Bogor/Nambo/Depok - Jatinegara PP juga akan bertambah.

Per 1 April 2017, para pengguna KRL di lintas tersebut akan dilayani oleh 408 perjalanan kereta.

Adapun penambahan perjalanan terutama di lintas Bogor/Nambo/Depok-Jatinegara PP adalah solusi untuk menggantikan sebagian perjalanan KRL feeder relasi Manggarai - Duri yang slot perjalanannya harus mulai berbagi dengan rencana beroperasinya KA Bandara Soetta mulai tahun 2017.

Selain itu pembagian slot juga terjadi di lintas Duri - Tangerang PP. Jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) di stasiun pada lintas ini akan menjadi sekitar 30 menit.

Hal tersebut, kata Fadhila, dilakukan untuk memberi ruang bagi persiapan beroperasinya KA Bandara sesuai ketetapan pada Gapeka 2017.

"PT KCJ juga mengimbau para pengguna di lintas Duri - Tangerang untuk sementara agar menghindari turun naik di Stasiun Duri, mengingat adanya proyek pembangunan Stasiun yang membuat luas peron berkurang. Para pengguna dapat turun naik KRL melalui sitem alternatif terdekat, yaitu Stasiun Grogol," tandasnya.

Selain itu di lintas Bekasi-Jakarta Kota PP, jumlah perjalanan KRL tidak banyak berbeda dengan yang ada sekarang. Per 1 April 2017, para pengguna akan dilayani oleh 254 perjalanan KRL setiap hari. 

Perbedaannya terdapat pilihan rute lain bagi pengguna di lintas ini, yaitu Bekasi - Jakarta Kota PP melalui jalur Pondok Jato - Pasar Senen -Kampung Bandan.

Dari 154 perjalanan perhari, ada delapan perjalanan yang melalui ruter Bekasi - Jakarta Kota melalui Stasiun Pasar Senen. 

"Kami berharap memberlakukan jadwal baru berdasarkan Gapeka 2017, para pengguna KRL dapat lebih terakomodir kebutuhannya," pungkas Fadhila.

 


0 Komentar